Kawasan Wisata Tiga Gili di Lombok Tutup Sementara untuk Cegah Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 09:02 WIB
Wisatawan di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Kamis (21/2/2019). KOMPAS.com/I MADE ASDHIANAWisatawan di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Kamis (21/2/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan wisata tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang terletak di Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ditutup sementara.

Penutupan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah dilakukan usai menggelar rapat khusus pencegahan virus corona atau Covid-19, Minggu (15/3/2020).

Zul menyampaikan, penutupan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di sekitar kawasan wisata tersebut.

"Kita sementara, selama dua pekan ini menutup mobilitas ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air," kata Zul.

Baca juga: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air Ditutup Sementara

Lanjutnya, penutupan yang dilakukan adalah langkah serius pemerintah untuk mengantisipasi dan mewaspadai penyebaran virus corona.

Meski ditutup, Zul mengatakan, bukan berarti ketiga gili tersebut akan mati dan harus ditinggalkan.

"Justru ini menjadi kesempatan untuk Gili dan tempat wisata lainnya itu aman," lanjutnya.

Baca juga: Kapal Pesiar Raksasa Kini Bisa Bersandar di Pelabuhan Gili Mas

Selain menutup sementara tiga Gili, Pemda juga akan melakukan penyemprotan disinfektan ke satu pulau dan membersihkannya.

Kata Zul, hal ini memiliki tujuan agar ketika tiga Gili kembali dibuka untuk umum, siapapun yang ada di situ akan merasa aman.

"Kenapa Gili Trawangan, karena Bali sudah terpapar (virus corona), karena yang masuk dari Bali kan cukup besar," ujarnya.

Baca juga: Tergoda dengan Gili Kedis, Pulau Kecil yang Menawan Hati

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X