Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona, Pelni Tunda Sementara Layanan Loket di Kantor Pusat

Kompas.com - 16/03/2020, 18:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika kamu ingin bepergian menggunakan jalur laut dan membeli tiket di loket kantor pusat PT Pelni, ada baiknya kamu tunda untuk sementara waktu.

Baca juga: Cara Ubah Jadwal dan Refund Tiket All Nippon Airways terkait Wabah Virus Corona

Melalui laman Facebook resminya, perusahaan pelayaran milik negara yang mengoperasikan kapal penumpang, kapal feri cepat, dan armada kapal barang tersebut telah menutup layanan pembelian tiket di loket untuk mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Baca juga: Daftar 9 Tempat Wisata di Tangerang Raya yang Ditutup untuk Cegah Penyebaran Corona

“Sesuai dengan instruksi pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19, maka dengan ini disampaikan bahwa untuk 14 hari ke depan, pelayanan loket di kantor pusat PT PELNI (Persero) sementara tidak bisa melayani penjualan tiket,” seperti tertera pada keterangan unggahan Facebook PT PELNI, Senin (16/3/2020).

Mereka juga mengimbau bagi para calon penumpang yang hendak reservasi tiket di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk membeli melalui Pelni Mobile, Loket PT Pelni cabang Tanjung Priok, atau melalui agen perjalanan resmi.

Baca juga: Update: Daftar 28 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup, Cegah Penyebaran Corona

Kendati demikian, berdasarkan pantauan Kompas.com, hingga saat ini PT Pelni masih belum mengadakan pembatalan perjalanan.

“Saat ini tidak ada informasi perihal pembatalan pelayaran ya. Masih akan tetap melaksanakan pelayaran sesuai jadwal. Jadwal kapal tetap sesuai dengan schedulenya,” seperti tetera pada beberapa keterangan yang diberikan laman resmi tersebut ke beberapa komentar netizen di Facebook.

Kapal PelniKOMPAS.com/Yoga Sukmana Kapal Pelni

Terkait keamanan kapal, PT Pelni melalui laman Facebook resmi juga menuturkan bahwa mereka telah melakukan antisipasi pencegahan penyebaran virus corona.

Langkah antisipasi tersebut yaitu dengan melakukan peningkatan pembersihan secara intensif dan berkala dengan membersihkan keseluruhan bagian kapal.

Selanjutnya, mereka juga meningkatkan pembersihan dengan adanya penyemprotan disinfektan di setiap bagian kapal yang sering terkena kontak dengan para penumpang.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para penumpang.

“Cairan antiseptik telah disediakan untuk para penumpang di setiap area tempat tidur maupun di ruang informasi,” seperti tertera pada keterangan unggahan Facebook PT PELNI.

Ikuti peliputan dari hari ke hari tentang wabah ini dalam Liputan Khusus Wabah Virus Corona dan Indonesia Positif Terinfeksi Virus Corona di Kompas.com.

Baca juga: Panduan Lengkap Menghadapi Wabah Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com