Turis Berkurang, Monyet Thailand dan Rusa Jepang Cari Makan di Jalan

Kompas.com - 17/03/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi monyet India. SHUTTERSTOCKIlustrasi monyet India.


JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas virus corona tidak hanya berdampak bagi manusia, juga hewan yang akhirnya kesulitan mencari makanan, terutama di daerah-daerah wisata.

Salah satu daerah yang mengalami kondisi serupa adalah Thailand. Bahkan, dilansir Livescience, monyet turun ke jalan dan saling bertikai.

Baca juga: Thailand Tangguhkan Visa dari 21 Negara yang Terdampak Virus Corona

Pertikaian itu terjadi pada Kamis (12/3/2020) di kota bersejarah Thailand, Lopburi. Menurut penduduk kota, situasi itu kemungkinan karena penurunan tajam jumlah wisatawan.

Imbasnya, tdak ada lagi wisatawan yang datang dan memberikan makanan kepada ribuan monyet lokal.

 

"Ini musim panas, sehingga biasanya kita melihat banyak turis, tetapi sekarang karena wabah, jadi sedikit yang datang sehingga pasar sangat sepi," kata Sasaluk Rattanachai, orang yang mengunggah video pertempuran monyet tersebut kepada media Thailand Khaosod English.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Festival Songkran di Thailand Dibatalkan

Adapun monyet yang tinggal di Lopburi dan kompleks Kuil Phra Prang Sam Yot merupakan kelompok yang terbiasa diberi makanan oleh ratusan wisatawan setiap harinya.

Bahkan, Kota Lopburi menyelenggarakan festival Prasmanan Monyet setiap tahunnya. Saat itu pengunjung membangun menara buah-buahan dan sayuran bagi monyet.

Namun, karena pariwisata daerah yang menurun, monyet-monyet pun mengalami tekanan, seperti yang terjadi ketika monyet kuil yang menyerbu masuk kota untuk mencari makan.

Baca juga: Bukan Hanya Indonesia, Thailand Juga Beri Diskon Tiket Pesawat

Lalu apa yang mereka perebutkan? Monyet kuil dan monyet jalanan tersebut ternyata merebutkan secangkir yoghurt.

Pertarungan selama 10 menit itu bahkan terlihat aneh bagi warga sekitar karena biasanya mereka hanya melihat monyet bertengkar hanya lima sampai 10 ekor.

"Saya belum pernah melihat perkelahian monyet seperti ini selama bertahun-tahun," kata seorang warga kepada Khaosod English.

Baca juga: 7 Food Truck Terkenal di Bangkok, Jual Makanan Lezat dengan Konsep Unik

Pertempuran pun berakhir ketika warga sekitar menyiapkan makanan tambahan di kuil, dan kerumunan monyet itu langsung bubar.

Menurut BBC, tercatat sekitar 39 juta wisatawan mengunjungi Thailand tahun lalu. Adapun lebih dari 10 juta wisatawan berasal dari China.

Larangan perjalanan yang tengah berlangsung di China telah serius mengambat industri pariwisata Thailand.

Baca juga: Berwisata di Thailand, Informasi dan Tiket Terbaru Wat Arun di Bangkok

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X