Saatnya Virtual Traveling, 16 Museum Digital Indonesia yang Bisa "Dikunjungi"

Kompas.com - 17/03/2020, 22:03 WIB
Museum Tekstil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dok. Jakarta TourismMuseum Tekstil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa museum di Indonesia harus menutup pintu sementara waktu demi mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Baca juga: Update: Daftar 30 Tempat Wisata di Jakarta yang Tutup untuk Cegah Penyebaran Corona

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung dalam waktu dekat.

Kamu tetap bisa singgah melalui akses digital yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca juga: Update: 55 Tempat Wisata yang Tutup di Jawa Tengah untuk Cegah Corona

“Sejak beberapa waktu yang lalu, Kemendikbud telah bekerjasama dengan Google dan resmi memasukkan beberapa museum dan situs di Indonesia ke dalam platform Google Arts & Culture,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melalui siaran pers yang Kompas.com terima, Selasa (17/3/2020).

Google Arts & Culture merupakan fitur virtual reality yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat melalui ponsel dengan aplikasi yang memiliki nama yang sama. Aplikasi tersedia untuk Android dan iOS.

Tidak hanya museum yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, tetapi juga beberapa museum lain.

Berikut daftar 16 museum digital Indonesia yang bisa kamu kunjungi melalui tur virtual yang telah Kompas.com rangkum:

1. Museum Nasional Indonesia

Untuk mengakses tur virtual Museum Nasional, kamu bisa langsung menuju laman kebudayaan.kemdikbdud.go.id/munas atau museumnasional.or.id.

Jika tidak bisa diakses, kamu bisa langsung menuju laman Google Arts & Culture.

Museum Nasional memiliki beberapa artefak dari berbagai daerah yang bisa kamu lihat. Di antaranya berasal dari Palembang, Wonoboyo, Klaten, Magelang, dan Cirebon.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X