Cegah Virus Corona, Warga Australia di Luar Negeri Diimbau Segera Pulang

Kompas.com - 17/03/2020, 22:58 WIB
Wisata Australia Ayers Rock. SHUTTERSTOCK/UWE ARANASWisata Australia Ayers Rock.

KOMPAS.com - Warga Australia yang ingin kembali ke Australia, diimbau untuk pulang secepatnya menggunakan pesawat komersil.

Imbauan ini dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, seperti mengutip Abc.au.net.

Pada minggu lalu, pemerintah federal mendorong warga Australia untuk mempertimbangkan kembali apakah perjalanan ke luar negeri diperlukan atau tidak, terlepas dari destinasinya.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Australia Larang Kunjungan Pelancong yang Datang dari China

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan memperingatkan bahwa traveler Australia bisa saja tak dapat kembali ke Australia, mengingat banyak negara yang mulai menutup perbatasan mereka untuk cegah penyebaran virus corona ( Covid-19 ).

Baca juga: Travel Ban Australia Terkait Corona, Pariwisata Rugi Rp 9 T Per Minggu

Terdapat pula peringatan bahwa bantuan konsuler akan dibatasi terkait pembatasan gerak selama wabah virus corona berlangsung.

Lansekap Sungai Murchison di Kalbarri National Park, Australia Barat. SHUTTERSTOCK/NICOLE KWIATKOWSKI Lansekap Sungai Murchison di Kalbarri National Park, Australia Barat.

Pada Minggu (15/3/2020), Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan bahwa setiap orang yang datang ke Australia harus menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari.

Mengingat makin banyak negara menutup perbatasan atau mengeluarkan larangan kunjungan, perjalanan ke luar negeri menjadi semakin kompleks dan sulit.

Warga Australia di luar negeri mungkin saja tak bisa kembali walaupun telah merencanakannya.

"Pertimbangkan apakah kamu mempunyai akses kesehatan dan support system bila kamu sakit di luar negeri. Jika kamu memutuskan untuk kembali ke Australia, lakukan secepat mungkin," begitu bunyi salah satu imbauan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, mengutip abc.au.net.

Imbauan tersebut dikeluarkan karena kemungkinan adanya risiko terinfeksi virus corona yang tinggi, sedangkan sistem kesehatan di luar negeri mungkin saja tak selengkap di Australia.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber abc.net.au
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X