Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kebijakan Refund di 10 Jaringan Hotel Dunia, Ada Hilton dan Marriott

Kompas.com - 18/03/2020, 19:06 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Di tengah wabah corona ( Covid-19 ), sejumlah hotel harus menerima pembatalan dan permintaan pergantian tanggal pada menit terakhir.

Baca juga: Imbauan KBRI: Turis Indonesia Diminta Tunda Pergi ke Perancis karena Virus Corona

Dilansir dari Business Insider Singapore, WHO dan CDC telah menetapkan larangan untuk berpergian dan menunda rencana liburan.

Sehingga pihak hotel harus menetapkan kebijakan baru mengenai pembatalan, refund dan pergantian jadwal.

Berikut aturan dan kebijakan dari 10 jaringan hotel dunia terkait virus corona:

1. Disneyland dan Disney World Resorts

Melansir Forbes Disneyland akan ditutup seluruhnya mulai 16 Maret 2020 hingga akhir bulan.

Para tamu yang sudah memesan kamar pada 16 hingga 31 Maret dapat mengatur kembali tanggal menginap atau membatalkan pemesanan kamar Disney Resort atau paket Walt Disney Travel Company.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Shanghai Disney Tutup Sementara

Jika tamu tidak melakukan pembatalan atau mengubah reservasi pada hari check-in, Disney akan secara otomatis mengembalikan pembayaran dalam waktu tujuh hari.

Disney akan menggratiskan semua biaya perubahan dan pembatalan yang diberlakukan untuk tanggal check-in hingga 30 Juni 2020.

2. Four Seasons

Bagi tamu Four Seasons yang bepergian dari China, Korea Selatan, Iran, dan Eropa kecuali Inggris tidak akan dikenakan biaya pembatalan hingga 15 April 2020.

Four Seasons juga akan menggratiskan semua biaya pembatalan untuk hotel di kawasan Asia Pasifik dan Eropa kecuali Britania Raya hingga 15 April 2020.

Selain itu Four Seasons telah meningkatkan praktik peri hal penanganan makanan, sanitasi, desinfeksi, dan kebersihan hotel. Four Seasons juga telah menerapkan langkah-langkah spesifik berdasarkan pedoman dari otoritas kesehatan di masing-masing negara dan wilayah.

Presidential Suite, Grand Hyatt Singapura.DOK. HYATT Presidential Suite, Grand Hyatt Singapura.

3. Hilton

Hilton menggratiskan semua biaya perubahan jadwal dan menawarkan pengembalian uang penuh untuk wilayah yang terkena dampak pembatasan perjalanan yang dikeluarkan pemerintah.

Baca juga: Bagaimana Cara Starbucks Indonesia Cegah Virus Corona?
Semua pemesanan yang dijadwalkan tiba sebelum 30 April 2020, dapat diubah atau dibatalkan tanpa biaya hingga 24 jam sebelum kedatangan yang dijadwalkan.

Setiap pemesanan baru yang dilakukan di portofolio Hilton yang dipesan antara 13 Maret lalu  dan 30 April 2020, dapat diubah atau dibatalkan secara gratis hingga 24 jam sebelum kedatangan.

4. Hyatt

Hyatt membebaskan biaya pembatalan untuk masa inap hingga 31 Maret 2020, untuk tamu yang tinggal di China, Korea Selatan, Jepang, dan Italia. Hal yang sama juga berlakupada pemesanan kamar melalui properti internasional.

5. InterContinental Hotels Group (IHG)

Brand yang meliputi Kimpton, Intercontinental, Holiday Inn, Crowne Plaza, dan lainnya, menggratiskan semua biaya pembatalan untuk pemesanan yang ada dan baru yang dibuat antara 9 Maret 2020 dan 30 April 2020.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com