Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2020, 17:01 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com  - GoFood memberi kebijakan baru terkait untuk keamanan menghadari virus corona.

Pada hari ini (19/3/2020) GoFood meluncurkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).

Baca juga: Intip Hotel Patra Comfort Jakarta, Bakal Jadi Pusat Isolasi Corona?

Inovasi ini berupa tambahan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat  antara pelanggan dan mitra pengemudi.

“Secara proaktif dan konsisten kami melakukan berbagai upaya untuk memastikan keamanan pada seluruh ekosistem Gojek, termasuk layanan GoFood melalui langkah proaktif meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19),” jelas Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo dalam siaran pers yang diterima oleh Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Catherine menyebutkan layanan baru ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan GoFood dalam mendukung imbauan pemerintah bagi masyarakat.

Terutama beraktivitas #dirumahaja dan menerapkan konsep penjagaan jarak sosial (social distancing) di masa pandemi global penyebaran virus corona (COVID-19).

Berikut tiga langkah bagi pelanggan GoFood agar dapat memilih pengantaran makanan yang diklaim Gojek aman, tenang,dan nyaman:

1. Sebelum menekan tombol 'Pesan', pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.

2. Setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur 'Chat' dari dalam pesanan GoFood kamu untuk komunikasi sama driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah disediakan:

- “Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai”

- “Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai”

3. Bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti bahwa makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati.

GoFood menambah dua opsi teks pesan cepat untuk memudahkan pelanggan dan driver menerapkan social distancing ketika memesan GoFoodDok. Gojek GoFood menambah dua opsi teks pesan cepat untuk memudahkan pelanggan dan driver menerapkan social distancing ketika memesan GoFood

Selain memberlakukan contactless delivery, GoFood juga meningkatkan keamanan dengan menyediakan Kartu Penanda Suhu Tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan.

Baca juga: Tunda Liburan Kamu, Saatnya Cegah Penyebaran Virus Corona

Antara lain seperti karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan.

Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan dan menjaga agar makanan tetap higienis hingga samapai ke pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com