Kemenhub: Tidak Ada Penutupan Penerbangan Internasional Kecuali dari dan ke China

Kompas.com - 20/03/2020, 05:33 WIB
Suasana diterminal keberangkatan domestik Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (3/3/2020). KOMPAS.com/AJI YK PUTRASuasana diterminal keberangkatan domestik Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (3/3/2020).

KOMPAS.com - Menurut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, tidak ada penutupan penerbangan ke luar negeri selain dari dan ke China yang berlaku sejak 5 Februari 2020.

Baca juga: AP II: Belum Ada Alat Pengukur Suhu di Terminal Kedatangan Domestik Bandara Soetta

"Dipastikan tidak ada kebijakan penutupan sementara penerbangan internasional, kecuali dari dan ke RRT ( Mainland China),” ujar Direktur Jendral Perhubungan Udara sekaligus Ketua Komite Fasilitasi Nasional (FAL) Udara Novie Riyanto, mengutip siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Antisipasi Corona, Tersedia Hand Sanitizer di Seluruh Stasiun KA Bandara

Kebijakan tersebut disampaikan menyusul adanya pengumuman oleh Kementerian Luar Negeri terkait kebijakan pembatasan lalu lintas orang, sehubungan dengan wabah virus corona ( Covid-19 ) yang diterapkan mulai Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Tahun yang Berat untuk Industri Penerbangan Dunia

Terminal 3 kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (11/3/2020)KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Terminal 3 kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (11/3/2020)

Berkaitan dengan kebijakan tersebut, penumpang yang datang dengan menggunakan penerbangan intersional diwajibkan mengisi formulir Health Alert Card (HAC).

Bagi penumpang yang dalam 14 hari memiliki riwayat berkunjung ke 10 negara yang telah terpapar virus corona akan ditolak masuk Indonesia.

10 negara tersebut di antaranya China, Iran, Italia, Korea Selatan untuk Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do, Vatikan, Spanyol, Perancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.

Baca juga: Kemenlu Larang Pendatang dari 10 Negara Masuk ke Indonesia karena Virus Corona

Thermal scanner kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (3/3/2020)Dok Humas Bandara Soekarno-Hatta Thermal scanner kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (3/3/2020)

Sementara bagi warga negara Indonesia yang memiliki riwayat mengunjungi negara tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Komite Fasilitasi Nasional (FAL) Udara akan melakukan koordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait, demi memastikan agar kebijakan pemerintah berjalan baik dan sesuai dengan prosedur.

"Kami bersama dengan Kementerian/Lembaga dan stakeholder penerbangan yang bergabung dalam Komite FAL akan terus bekerja keras untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui jalur transportasi udara," tutup Dirjen Novie.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X