Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2020, 14:32 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Singapore Airlines mengeluarkan kebijakan pembebasan biaya penjadwalan ulang tiket pesawat akibat pandemi corona. Kebijakan ini hanya akan berlaku satu kali saja.

Berdasarkan rilis resmi dari Singapore Airlines yang diterima Kompas.com, Singapore Airlines akan membebaskan biaya untuk rebooking fees atau biaya penjadwalan ulang tiket yang diterbitkan pada atau sebelum 15 Maret 2020 untuk periode perjalanan hingga 31 Mei 2020.

Pelanggan dapat membatalkan rencana perjalanan penerbangan yang
mereka punya saat ini, atau mempertahankan nilai tiket mereka dan memesan ulang perjalanan
mereka di kemudian hari, ketika mereka dapat memastikan rencana perjalanan baru.

Baca juga: Cara Refund Tiket Pesawat dan Hotel di Pegipegi, Tiket.com, dan Traveloka

Jadwal penerbangan terbaru harus dilengkapi paling lambat pada tanggal 31 Maret 2021.

Kebijakan baru ini akan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk menunda
rencana perjalanan mereka. 

Biaya penjadwalan ulang akan dibebaskan, tetapi perbedaan tarif (dari selisih harga tiket lama dan baru) mungkin berlaku untuk rencana perjalanan yang baru.

Singapore Airlines disebutkan akan terus meninjau kebijakan pembebasan ini dan mempertahankan fleksibilitas untuk memperpanjang batas waktu perjalanan hingga tanggal 31 Mei 2020. 

Semua tergantung dengan situasi dan kondisi dari pandemi corona ini dan akibatnya pada industri penerbangan global.

Kebijakan pembebasan biaya perubahan jadwal tiket ini juga akan berlaku untuk semua tiket Singapore Airlines dan SilkAir baru yang dikeluarkan dari saat ini hingga 31 Maret 2020.

Baca juga: Simak, Cara Refund Tiket Pesawat Malaysia Airlines

Informasi kontak Singapore Airlines

Suasana di kelas bisnis pesawat Singapore Airlines Boeing 777-300 R di Bandara Internasional Soekarno Hattta, Jakarta, Kamis (15/9/2011).KOMPAS/PRIYOMBODO Suasana di kelas bisnis pesawat Singapore Airlines Boeing 777-300 R di Bandara Internasional Soekarno Hattta, Jakarta, Kamis (15/9/2011).

Konsumen bisa mengontak Singapore Airlines melalui form online yang tersedia di situs resmi mereka. Kamu akan diminta untuk mengisi data berupa nama lengkap dan kode booking tiket Singapore Airlines sesuai data.

Kamu juga harus memilih layanan yang kamu inginkan. Lalu isi juga alamat email dan nomor ponsel milikmu. Hal ini juga harus kamu lakukan untuk mengetahui tipe tiket yang kamu miliki.

Untuk konsumen yang memesan tiket langsung dari Singapore Airlines, bisa langsung mengontak tim reservasi lokal Singapore Airlines. Kamu bisa mengontak nomor +62 21 5083 5888 untuk tim reservasi lokal Jakarta.

Baca juga: Cara Ubah Jadwal Penerbangan dan Refund Tiket Japan Airlines karena Wabah Virus Corona

Konsumen yang memesan tiket melalui agen perjalanan disarankan untuk mengontak agen perjalanan masing-masing.

Karena tingginya permintaan, Singapore Airlines meminta pengertian konsumen bahwa akan dibutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya untuk memberikan respon.

Konsumen disarankan untuk mengontak Singapore Airlines jika penerbangan kamu akan berangkat dalam waktu 72 jam agar tim Singapore Airlines bisa lebih fokus menangani perubahan jadwal penerbangan yang darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com