Mi Caluk, Sajian Mi Goreng Pedas Khas Aceh

Kompas.com - 22/03/2020, 14:33 WIB
Mie caluk di Warung M2 Kupi di Jalan Lingkar Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe KOMPAS.com/MASRIADI Mie caluk di Warung M2 Kupi di Jalan Lingkar Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe


LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Mi caluk khas Aceh terbuat dari mi lidi yang digoreng dan dibalur dengan cabai rawit serta udang kecil.

Uniknya, mi ini disediakan kuah segar. Namun, boleh saja dinikmati tanpa kuah. Cara lainnya, buat mi semakin pedas dengan mencampur cabai merah secukupnya.

Baca juga: Tugu Pertempuran Cunda, Kenang Perjuangan TKR Lawan Jepang di Lhokseumawe

Salah satu warung yang menjual mi caluk ada di Warung M2 Kupi. Warung ini berlokasi di Jalan Lingkar Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Kafe yang baru buka ini menyediakan penganan khas Aceh, mi caluk. Pemilik kafe itu, Intan Payong, Jumat (20/3/2020) menyebutkan, sajian mi caluk menjadi salah satu ciri kafenya.

Mie caluk di Warung M2 Kupi di Jalan Lingkar Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota LhokseumaweKOMPAS.com/MASRIADI Mie caluk di Warung M2 Kupi di Jalan Lingkar Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe

Apalagi, kafe itu didung dengan letaknya persis di sisi Krueng (sungai) Cunda.

“Mi caluk itu cocok buat lidah seluruh masyarakat. Jadi, sembari bersantai di tengah cuaca yang terik, bolehlah menikmati mi caluk ini,” kata Intan.

Kafe juga menyediakan minuman segar berupa aneka jus, tentu kopi sebagai sajian utama.

Di sisi lain, Intan juga menyediakan kuah tuhe, penganan khas Aceh terdiri dari ketan, santan dan nangka.

Baca juga: Kulineran di Lhokseumawe, Panorama Sajikan Mi Aceh Sambil Karaoke

Kafe ini diharapkan menjadi pemanja lidah masyarakat Aceh. Sekaligus memanjakan lidah pengunjung asal luar kota untuk mengetahui cita rasa kuliner Aceh.

“Jadi wisatawan luar yang berkunjung ke Lhokseumawe bisa menjadikan kafe M2 menjadi referensi penganan khas Aceh,” pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X