Cara Membuat Abon Cakalang, Makanan yang Awet Sampai Satu Bulan

Kompas.com - 22/03/2020, 20:05 WIB
Ilustrasi abon ikan cakalang, makanan yang awet disimpan lama. SHUTTERSTOCK/DWI PUTRA STOCKIlustrasi abon ikan cakalang, makanan yang awet disimpan lama.

JAKARTA, KOMPAS.com  - Di tengah keadaan saat ini yang mengharuskan masyarakat beraktivitas produktif di rumah demi mencegah virus corona ( Covid-19 ), perlu makanan yang awet.

Baca juga: Tips Memasak Makanan agar Awet, Bisa Disimpan Sampai Sebulan

 

Selain untuk persediaan, juga demi mengurangi intensitas keluar rumah untuk mencari bahan makan.

Baca juga: Tips Mengolah dan Menyimpan Bumbu Dasar Halus agar Awet

Salah satu makanan yang bisa tahan lama adalah abon cakalang.

Chef Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts menjelaskan jika abon cakalang bisa tahan lama dan bisa menjadi persediaan makanan di dalam rumah.

"Abon ikan bisa (awet) sampai satu bulan kalau ditaruh di suhu ruangan, jangan ditaruh di suhu yang terlalu panas. Kalau mau lebih awet lagi divakum," jelas Chef Gatot Susanto.

Ilustrasi abon. Bisa dibuat dari ikan, daging sapi, maupun ayam. SHUTTERSTOCK/PURMOON Ilustrasi abon. Bisa dibuat dari ikan, daging sapi, maupun ayam.

Abon cakalang bisa menjadi lauk praktis untuk sehari-hari. Membuatnya pun juga tidak begitu rumit. Bahan untuk membuat abon cakalang dapat ditemukan dengan cukup mudah.

Berikut bahan dan cara membuat abon cakalang:

Bahan-bahan :

1 kg ikan cakalang
100 gr bawang merah
100 gr bawang putih
50 gr kemiri
30 gr ketumbar
7 lembar daun jeruk
100 gr gula aren
1 liter santan kental segar
Garam secukupnya

Langkah pertama lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis, kemudian kukus sampai matang. Jika sudah matang, dapat langsung disuwir-suwir kecil mengikuti arah serat daging ikan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X