Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih di Rumah Aja? Coba Virtual Traveling di 3 Museum Dunia Ini

Kompas.com - 23/03/2020, 07:20 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berada di rumah saja selama social distancing saat pandemi wabah virus corona saat ini kadang bisa sangat membosankan.

Namun, kamu tidak perlu menghabiskan waktu sia-sia, karena kini bisa mengisi waktu dengan mencoba virtual traveling atau melihat pameran online yang disediakan museum di dunia.

Baca juga: Para Musisi Gelar Konser Virtual, Galang Dana untuk Tenaga Medis

Berikut ini tiga di antara beberapa museum yang menyediakan fasilitas virtual traveling atau pameran online yang sudah Kompas.com coba.

The British Museum

The British Museum yang terletak di London, Inggris punya koleksi yang kaya akan nilai sejarah.

Koleksi yang bisa kamu temukan di sini menunjukkan lebih dari dua juta tahun sejarah dan budaya manusia.

Baca juga: Update: 64 Tempat Wisata Sediakan Virtual Traveling, Liburan di Rumah Aja!

Bagi kamu yang pecinta sejarah dan kebudayaan kuno, bisa mencoba virtual traveling dari The British Museum ini.

Kamu bisa mengakses lewat beberapa situs. Pertama, lewat Google Arts & Culture di link berikut: https://artsandculture.google.com/partner/the-british-museum.

Contoh pameran virtual The British Museum via laman Google Arts & CultureTangkapan layar tur virtual di The British Museum Contoh pameran virtual The British Museum via laman Google Arts & Culture

Di sini, kamu bisa memilih banyak sekali pameran online yang tersedia. Salah satu yang Kompas.com coba adalah soal sejarah bangsa Mesir dan kepercayaan mereka setelah masa Pharaoh atau Firaun berakhir.

Bentuknya seperti slideshow presentasi, namun dengan gambar artefak bersejarah seperti perkamen kuno atau patung Augustus yang legendaris, disertai penjelasan padat dan jelas.

Baca juga: Di Rumah Aja, Ini 56 Tempat Wisata untuk Virtual Traveling

Selain lewat Google Arts & Culture, kamu juga bisa mengakses virtual traveling The British Museum lewat laman berikut: https://britishmuseum.withgoogle.com/.

Laman tersebut menyajikan sajian tur interaktif yang menarik. Bentuknya seperti lini masa yang menunjukkan tahun-tahun penting dalam sejarah.

Contoh tur virtual The British Museum yang menyediakan gambar, teks, peta, hingga audio secara lengkapTangkapan layar laman The British Museum Contoh tur virtual The British Museum yang menyediakan gambar, teks, peta, hingga audio secara lengkap
Untuk setiap tahun-tahun tersebut, terdapat titik-titik berbeda warna yang sudah dibedakan berdasarkan benua yang akan menunjukkan kejadian-kejadian penting dalam sejarah.

Ada lima jenis topik yang bisa kamu pilih, yakni Art and design, Living and Dying, Power and Identity, Religion and Belief, dan Trade and Conflict.

Baca juga: 7 Ikon Dunia yang Tawarkan Virtual Traveling untuk Liburan di Rumah

Setelah kamu pilih salah satu titik yang ada, kamu akan disajikan informasi lengkap soal kejadian tersebut.

Mulai dari gambar artefak, penjelasan teks yang rinci, peta petunjuk lokasi kejadian, objek yang berkaitan, hingga yang paling canggih adalah penjelasan lewat audio dalam bahasa Inggris.

Karena sistemnya interaktif, kamu lebih baik menggunakan komputer atau laptop untuk mengaksesnya.

Baca juga: Virtual Traveling Disney saat Liburan di Rumah, Ada Apa Saja?

Pasalnya kamu bisa menikmati grafik yang sangat bagus dan menarik serta bisa leluasa mengeksplor kejadian-kejadian penting dalam sejarah yang ingin kamu ketahui.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com