Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2020, 16:22 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pemerintah akan mengambil beberapa langkah dalam penanganan wabah virus corona (covid-19).

Salah satunya menyiapkan jaringan hotel sebagai sarana tempat tinggal para tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah. Hal ini agar para tenaga medis dan gugus tugas bisa tinggal lebih dekat dengan rumah sakit yang menangani pasien covid-19.

"Dan jika diperlukan nantinya bisa dijadikan lokasi isolasi mandiri," kata Wishnutama dalam Virtual Press Konference di channel Youtube Kemenparekraf, Senin (23/3/2020).

Ia melanjutkan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB untuk membicarakan hal ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), lanjutnya, akan bekerja sama dengan semua kementerian dan lembaga lainnya untuk menangani virus.

"Yaitu mengatasi dampak dari wabah Covid-19. Kami menyadari betul dampak Covid-19 ini bagi para pekerja dan bagi masyarakat," ujarnya

Sebelumnya, dua hotel di Jakarta juga rencananya meminjamkan seluruh fasilitas dan ruangan kepada pemerintah untuk mendukung penanganan virus corona di Indonesia.

Dua hotel di Jakarta

Dua hotel itu adalah Hotel Patra Jakarta dan The Media Hotel Jakarta.

The Media Hotel Jakarta sudah melakukan serah terima hotel kepada Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid 19, Doni Monardo pada Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Tangani Covid-19, Pemerintah Dapat Pinjaman Hotel Bintang 5 dari Surya Paloh

Hotel bintang lima dan memiliki 324 kamar itu akan menjadi tempat istirahat petugas kesehatan yang menangani pasien corona.

Sementara itu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan menyiapkan Hotel Patra Comfort Jakarta sebagai salah satu tempat penanganan pandemi virus.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan, Hotel Patra Comfort Jakarta akan jadi tempat isolasi untuk orang dalam pengawasan (ODP) virus corona dengan kapasitas sebanyak 52 tempat tidur.

Baca juga: Intip Hotel Patra Comfort Jakarta, Bakal Jadi Tempat Isolasi Corona?

"Hotel itu untuk ODP sebagai safe house, sesuai arahan pak Menteri (BUMN),” ujar Arya pada Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

ILUSTRASI - Kamar HotelShutterstock/Dragon Images ILUSTRASI - Kamar Hotel

Hotel di dunia menjadi tempat pasien

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com