Cara Reschedule Kamar Hotel di Jaringan Hotel Dafam Terkait Virus Corona

Kompas.com - 24/03/2020, 09:21 WIB
Kamar Q Grand Dafam Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Q Grand Dafam Banjarbaru merupakan hotel ke-13 yang beroperasi di bawah jaringan Dafam Hotels. ARSIP DAFAM HOTEL MANAGEMENTKamar Q Grand Dafam Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Q Grand Dafam Banjarbaru merupakan hotel ke-13 yang beroperasi di bawah jaringan Dafam Hotels.

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah pandemi global virus corona (Covid-19), Dafam Hotel Management (DHM) menerapkan kebijakan rechedule atau penjadwalan ulang untuk para pelanggannya.

“Untuk refund, di semua hotel kami karena force majeure ini memang tidak kami kembalikan. Tetapi tidak hilang. Jadi reschedule istilahnya,” kata Corporate PR & Sales Manager PT Dafam Hotel Management, Ninik Haryanti, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Ninik menuturkan bahwa tidak adanya kebijakan pengembalian uang tersebut karena mayoritas pemesan kamar hotel langsung melakukan pembayaran pada hari yang sama saat mereka menginap.

Baca juga: Tunda Liburan Kamu, Saatnya Cegah Penyebaran Virus Corona

Kendati demikian, Ninik tidak menampik adanya tamu yang lebih memilih untuk membatalkan pesanan kamar hotel dibandingkan dengan melakukan penjadwalan ulang tanggal menginap.

“Saat ini ada cancel tapi belum ada payment, jadi kita terima baik. Kalau (mereka minta) batal, kita batalkan tanpa ada biaya karena dari mereka belum ada down payment (DP),” kata Ninik.

“Untuk tamu, rata-rata pembayaran sudah langsung pada saat kedatangan. Jadi persentase untuk refund sangat kecil,” imbuhnya.

Sementara bagi mereka yang sudah melakukan DP, mereka cenderung lebih memilih untuk melakukan penjadwalan ulang tanggal menginap.

Cara penjadwalan ulang tanggal menginap

Kebijakan penjadwalan ulang tanggal menginap berlaku di seluruh properti milik Dafam Hotel. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

“Untuk reschedule, tinggal hubungi hotel saja. Para tamu biasanya yang hubungi sendiri untuk (kasih tahu) tanggal pemesanan awal akan mereka hold dulu sampai pemberitaan (terkait virus corona) lebih lanjut,” kata Ninik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X