Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Virus Corona, Cara Refund dan Reschedule Kamar Hotel Artotel Group

Kompas.com - 24/03/2020, 10:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), jaringan hotel Artotel Group memiliki kebijakan tidak mengenakan biaya pembatalan atau perubahan jadwal menginap di kamar hotel yang sudah dipesan.

“Untuk semua pemesanan kamar di semua properti yang dikelola Artotel Group (dengan tanggal pemesanan) mulai dari 14 Maret–31 Agustus 2020 diberikan kesempatan untuk melakukan cancelation tanpa ada biaya cancel dan refund,” kata Director of Marketing & Communication Artotel Group, Yulia Maria, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Tunda Liburan Kamu, Saatnya Cegah Penyebaran Virus Corona

Kebijakan ini berlaku untuk semua hotel yang dikelola oleh Artotel Group. Hotel-hotel tersebut tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Batu, Surabaya, Bali, dan Medan.

Yulia menuturkan bahwa kebijakan pembatalan atau merubah jadwal menginap berlaku untuk semua jenis kamar yang ada.

Menurut Yulia, dana akan dikembalikan penuh untuk refund. Selain itu, pihaknya juga menerapkan late check-out yang fleksibel pada masa wabah virus corona ini.

Untuk merubah jadwal menginap, berlaku di seluruh properti yang dikelola oleh Artotel Group untuk pemesanan pada periode 14 Maret–31 Agustus 2020.

Perubahan jadwal menginap juga berlaku untuk seluruh jenis kamar yang ada dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Hotel de Braga by Artotel menyuguhkan karya seni 7 seniman asal Bandung, di setiap sudut ruangan, termasuk di dalam kamar. KOMPAS.com/RENI SUSANTI Hotel de Braga by Artotel menyuguhkan karya seni 7 seniman asal Bandung, di setiap sudut ruangan, termasuk di dalam kamar.

Cara melakukan refund dan reschedule di Artotel Hotel

Jika kamu menginap di salah satu properti milik Artotel Group dan ingin membatalkan pemesanan kamar di tengah wabah virus corona, langkah yang harus dilakukan cukup mudah.

Simple banget. Tinggal email bukti pemesanan kamarnya dan request apakah tamu ingin reschedule atau cancel,” tutur Yulia.

Email yang dituju adalah email reservasi yang dikirim dari pihak hotel. Namun, kamu harus lakukan ini sebelum waktu check-in.

Sementara untuk proses perubahan jadwal menginap, langkah-langkah yang dilakukan juga sama seperti saat kamu meminta pembatalan pemesanan kamar hotel.

Hanya saja, untuk melakukan perubahan jadwal menginap kamu juga bisa melakukannya melalui telepon dengan nomor tujuan hotel terkait.

Seluruh properti milik Artotel Group tidak memiliki batas maksimal bulan yang dipilih jika kamu ingin melakukan perubahan jadwal menginap selama bulan yang dipilih masih berada di tahun 2020.

Kamu juga bisa merubah tipe kamar.

“Mengganti tipe kamar disesuaikan dengan harga kamarnya. Jadi akan dikenakan additional charge harga tipe kamar yang berlaku pada waktu mereka akan menginap,” kata Yulia.

Kendati merubah jadwal menginap bisa dilakukan, namun hal tersebut akan tergantung dengan ketersediaan kamar.

Apabila tanggal yang kamu pilih tidak memiliki kamar yang kamu inginkan, maka pihak hotel akan memberimu rekomendasi pada tanggal lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com