Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Tawarkan Kompensasi bagi Pemilik Tiket dengan Jadwal Berangkat sampai 30 April 2020

Kompas.com - 24/03/2020, 15:44 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia menawarkan tambahan fleksibilitas pilihan kompensasi bagi semua pelanggan yang telah memesan tiket pada Minggu (22/3/2020) atau sebelumnya, dengan keberangkatan Senin (23/3/2020) hingga 30 April 2020.

Hal ini dilakukan sebagai respons dari wabah virus corona yang terjadi di berbagai negara yang memungkinkan orang tidak bepergian sementara waktu.

Tambahan kebijakan itu tidak berlaku bagi penerbangan domestik di Thailand yang dilayani oleh Thai AirAsia (kode FD) dan penerbangan domestik India oleh AirAsia India (kode I5).

Mengacu rilis dalam laman News Room AirAsia, pelanggan yang memenuhi persyaratan tersebut dapat memilih kompensasi lebih fleksibel melalui AirAsia Virtual Allstar (AVA) yang tersedia di laman support.airasia.com atau airasia.com seperti berikut ini:

1. Ubah Jadwal

Pelanggan dapat mengubah jadwal penerbangan ke tanggal lainnya sampai dengan 31 Oktober 2020 di rute yang sama. Pelanggan dapat melakukan perubahan kapan saja atau tidak dibatasi waktu hingga 48 jam sebelum jadwal keberangkatan berikutnya.

Baca juga: Update Cara Refund dan Ubah Jadwal Tiket Pesawat Japan Airlines

Pelanggan juga tidak akan dikenakan biaya tambahan dengan syarat dan ketentuan berlaku.

2. Akun kredit

Pelanggan bisa mendapatkan deposit senilai harga tiket dalam akun AirAsia BIG yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya.

Akun kredit dapat digunakan untuk pemesanan tiket dengan tanggal keberangkatan kapan saja hingga satu tahun sejak diterbitkan selama penerbangannya telah tersedia di airasia.com

Sekadar catatan, pilihan ini tidak tersedia untuk penerbangan dengan tanggal keberangkatan 1 Mei 2020 atau setelahnya.

Selain itu, calon penumpang yang mengalami pembatalan penerbangan akan menerima pemberitahuan melalui email dan SMS sesuai kontak yang terdaftar.

Baca juga: AirAsia Tawarkan Pilihan Kompensasi Terkait Wabah Virus Corona

Pelanggan bisa memeriksa kembali email untuk mengetahui informasi selanjutnya.

Informasi pengajuan kompensasi ini hanya berlaku untuk pelanggan yang melakukan pemesanan melalui airasia.com atau aplikasi AirAsia.

Bagi pelanggan yang memesan melalui group desk atau melalui agen perjalanan, bisa menghubungi agen pemesanan masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.

AirAsia juga menginformasikan bahwa staf layanan pelanggan, termasuk AVA sedang mengalami peningkatan permintaan dan diupayakan dapat melayani semua pelanggan.

"Mohon kesabaran dan kerjasamanya untuk dapat memberikan kami kesempatan melayani pelanggan dengan tanggal keberangkatan yang lebih awal terlebih dahulu," seperti dikutip dalam laman News Room AirAsia.

Baca juga: Cegah Corona, AirAsia Indonesia Lakukan Disinfeksi Pesawat secara Rutin

Air Asia memastikan bahwa keselamatan dan kesehatan penumpang serta staf adalah prioritas utama. AirAsia juga mematuhi anjuran dan peraturan pemerintah serta otoritas penerbangan sipil setempat, badan kesehatan setempat maupun dunia termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Air Asia senantiasa memantau kondisi global dan akan menyampaikan jika terjadi perkembangan kebijakan sesuai dengan situasi terkini.

Baca juga: Update Kebijakan Refund dan Ubah Jadwal All Nippon Airways terkait Wabah Virus Corona

Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi terkini, dapat mengikuti akun sosial media AirAsia di Twitter @AirAsia_Indo dan Facebook Air Asia. Pelanggan bisa juga menghubungi layanan pelanggan melalui support.airasia.com.

Calon penumpang juga dapat memastikan status penerbangannya melalui airasia.com/flightstatus untuk mendapatkan informasi terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com