Jelang Nyepi, Simak 7 Fakta Menarik Nyepi di Bali

Kompas.com - 24/03/2020, 21:54 WIB
Prosesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGProsesi upacara Melasti di Pura Ulun Danu Beratan di Desa Candikuning, Kabupaten Tabanan, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Perayaan Nyepi tahun 2020 jatuh pada tanggal 25 Maret. Pulau Bali dengan mayoritas penduduk beragama Hindu terlihat berbeda di kala perayaan ini berlangsung.

Baca juga: 4 Rangkaian Hari Raya Nyepi Beserta Makna di Baliknya

Terdapat beragam fakta menarik saat Hari Raya Nyepi di Bali, berikut Kompas.com rangkum, Selasa (24/3/2020):

Baca juga: Di Rumah Aja, Virtual Traveling Pemandangan Indah Sekitar Hotel-hotel Ini

1. Pantangan umat Hindu pada Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi dirayakan dengan melaksanakan catur brata penyepian atau empat pantangan.

Adapun empat pantangan yang dilakukan oleh umat Hindu saat Hari Raya Nyepi ialah amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

2. Jalanan kosong

Saat Hari Raya Nyepi tiba, jalanan di Bali terlihat lebih lengang daripada biasanya karena kendaraan selain mobil ambulans tidak perkenankan beroperasi.

Ketika mobil ambulans mengantar pasien ke rumah sakit pun akan dikawal oleh pecalang (petugas keamanan desa).

3. Bandara berhenti beroperasi

Tiket penerbangan tidak dijual saat Hari Raya Nyepi karena bandara tidak beroperasi. Bahkan terminal, pelabuhan, dan Jalan Tol Bali Mandara juga ditutup.

Prosesi upacara Melasti di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Prosesi upacara Melasti di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Bali, Senin (4/3/2019). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal 7 maret 2019.

4. Malam bertabur bintang

Udara di Bali tampak bersih karena udara bersih tanpa polusi. Kamu bisa melihat langit Bali yang dipenuhi oleh bintang saat Hari Raya Nyepi.

5. Dirindukan oleh wisatawan

Saat Hari Raya Nyepi, mungkin ada yang menganggap bahwa Bali dihindari oleh wisatawan. Namun ternyata anggapan tersebut tidak benar.

Sebab, banyak wisatawan yang sengaja menghabiskan waktu liburan di sana saat perayaan tersebut tiba.

Pantai Melasti, salah satu wisata populer di Bali. SHUTTERSTOCK/IRISKARIGHTNOW Pantai Melasti, salah satu wisata populer di Bali.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X