Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan dan Membekukan Telur di Freezer, Telur Jadi Lebih Awet

Kompas.com - 26/03/2020, 15:28 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Telur jadi salah satu bahan makanan favorit dan tahan lama. Kamu bisa mengolahnya langsung atau menyimpannya di lemari es.

Telur bisa bertahan hingga sekitar 8 bulan di dalam lemari es. Namun jika kamu membekukannya, telur bisa bertahan selama 4 bulan hingga 1 tahun.

Baca juga: Tips Masak Telur Rebus, Cara Pilih Telur dan Cara Merebusnya

Kamu bisa membekukan seluruh telur, kuning telur saja, atau putih telur saja. Tergantung kebutuhan, bisa juga dengan memisahkan lebih dahulu bagian-bagian telur untuk penggunaan yang lebih fleksibel.

Cara Membekukan Seluruh Telur

Dilansir dari The Spruce Eats, cara membekukan seluruh telur mudah saja. Kamu membutuhkan mangkuk, wadah es batu, pengocok, dan tentu saja telur.

  • Pertama, pecahkan telur ke dalam mangkuk.
  • Lalu kocok pelan-pelan hingga putih telur dan kuning telur tercampur sedikit.
  • Jaga agar tak mengocok telur terlalu banyak dan membuat banyak udara masuk ke dalamnya.
  • Setelahnya, tuangkan telur yang sudah dikocok tersebut ke dalam wadah es batu dan beri penutup.
  • Tempatkan wadah es batu di dalam freezer hingga telur membeku.
  • Setelah bongkahan telur tersebut mengeras, keluarkan dari wadah es batu dan simpan di dalam kantung plastik ziplock.

Kamu tidak bisa membekukan telur di dalam kulitnya. Kamu juga tidak bisa membekukan telur dengan kuning telur yang utuh.

Oleh karena itu, kamu tidak bisa membuat telur mata sapi dengan telur beku ini. Namun kamu tetap bisa membuat telur dadar dan telur orak arik.

Ilustrasi telurProfessor25 Ilustrasi telur

Cara Membekukan Kuning Telur

Membekukan kuning telur agak lebih rumit karena kuning telur seringkali mengental dengan sendirinya. Kamu bisa menggunakan gula atau garam untuk mencegah pengentalan.

  • Pertama, pecahkan telur dan pisahkan kuning telur.
  • Lalu kocok kuning telur hingga merata.
  • Jika telurmu akan digunakan untuk hidangan gurih, maka tambahkan setengah sendok teh garam untuk satu kuning telur. Berarti jika kamu akan membekukan dua kuning telur, tambahkan satu sendok teh garam.
  • Jika kamu akan menggunakan telurmu untuk hidangan manis, maka tambahkan satu setengah sendok teh gula untuk setiap satu kuning telur.
  • Bekukan kuning telur di wadah es batu seperti yang kamu lakukan untuk telur utuh. Lalu masukkan ke dalam kantung plastik ziplock.
  • Satu kubus kuning telur beku sama dengan dua kuning telur.

Membekukan Putih Telur

Dilansir dari Express UK, membekukan putih telur tidak serumit membekukan seluruh telur atau kuning telur saja.

Kamu hanya perlu membekukannya langsung di dalam wadah es batu dan biarkan hingga membeku. Lalu masukkan ke dalam kantung plastik ziplock.

Satu kubus putih telur beku sama dengan satu putih telur.

Membekukan Telur Rebus

Selain membekukan telur mentah, kamu juga bisa membekukan telur rebus. Dilansir dari Incredible Egg, kamu bisa membekukan kuning telur yang sudah direbus.

Letakkan kuning telur di dalam panci dan tambahkan air yang menutupi kuning telur tersebut. Tutup panci dan biarkan air hingga mendidih.

Angkat panci dari kompor dan biarkan kuning telur berada di dalam panci dengan air panas dan panci tetap ditutup selama 12 menit.

Ambil kuning telur dan keringkan. Lalu masukkan ke dalam kantung ziplock untuk dibekukan.

Jangan bekukan telur rebus yang utuh. Jangan pula membekukan bagian putih telur dari telur rebus. Hal ini karena nantinay telur akan menjadi keras dan berair ketika dibekukan.

Penggunaan Telur Beku

Telur yang dibekukan seperti ini bisa berada di kulkas selama kurang lebih satu tahun. Ketika kamu ingin membuat resep yang membutuhkan telur, tinggal ambil saja beberapa kubus telur yang sudah dibekukan sesuai dengan kebutuhanmu.

Perhatikan jumlah kubus yang kamu ambil dengan perbandingan kuning telur dan putih telur yang kamu butuhkan. Satu kubus kuning telur sama dengan dua kuning telur. Sementara satu kubus putih telur sama dengan satu putih telur.

Sebelum menggunakannya, cairkan dahulu kubus telur tersebut di dalam lemari es yang bukan bagian freezer selama sehari sebelum penggunaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com