Jakarta "Panggil" Hotel yang Ingin Bantu Tenaga Medis Covid-19

Kompas.com - 27/03/2020, 09:29 WIB
Ilustrasi hotel. shutterstock.com/Pattier_StockIlustrasi hotel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau hotel-hotel di Jakarta agar dapat membantu memberikan tempat tinggal bagi tenaga medis yang menangani virus corona di Ibu Kota.

Melalui laman akun Facebooknya, Anies menuliskan bahwa Jakarta telah memanggil seluruh pihak untuk membantu tenaga medis.

"Bagi yang ingin menyumbangkan makanan dan berbagai peralatan, atau kepada hotel-hotel yang ingin membantu penyediaan kamar, silakan langsung hubungi nomor-nomor di bawah ini," tulis Anies pada Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Menyelisik Hotel Grand Cempaka, Tempat Tinggal Tenaga Medis Covid-19

Bagi hotel-hotel yang ingin membantu penyediaan kamar, dapat menghubungi di nomor 087782999675 atas nama Bagus. Selain itu bisa juga menghubungi Deandra di nomor 081289054859.

"Jangan biarkan tenaga medis bertarung sendirian di garda terdepan. Ini kerja bersama, kerja kolosal dan semua perlu terlibat. Mari kita dukung, mari kita bantu. Wujudkan bantuan itu dalam bentuk nyata," ujarnya.

Pada hari ini, Kamis (26/3/2020) sebanyak 138 tenaga medis dari RSUD Tarakan Jakarta Pusat dan RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan mulai menempati Hotel Grand Cempaka Business Jakarta Pusat.

Anies mengatakan, ratusan tenaga medis lainnya akan segera menyusul untuk menginap.

Adapun Hotel Grand Cempaka Business merupakan hotel milik BUMD Jakarta, PT Jakarta Tourisindo yang telah diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi tenaga medis di Jakarta yang berjuang melawan wabah corona.

Dalam laman Facebooknya, Anies menuturkan sejumlah 220 kamar berisi 414 tempat tidur telah disiapkan.

Baca juga: Intip Isi The Media Hotel Jakarta, Tempat Istirahat Tenaga Kesehatan Virus Corona

Selain itu, ia juga mengatakan akan ada tiga hotel milik BUMD DKI yang segera menyusul menyediakan bantuan dengan jumlah total 261 kamar tambahan dan 361 tempat tidur.

"Seluruh fasilitas pendukung di dalamnya disiapkan khusus untuk melindungi dan melayani para tenaga medis. Setiap kamar dibersihkan dengan disinfektan secara rutin, makanan disediakan dalam kotak, bilik disinfektan disediakan di luar pintu masuk dan keluar," tulisnya.

Sejumlah 15 bus TransJakarta dan 50 bus sekolah akan dioperasikan khusus untuk antar jemput para tenaga medis, kata dia.

Bagi hotel yang ingin membantu dapat mengunjung situs Jakarta.go.id untuk info lebih lanjut.

Baca juga: 19 Perjalanan KA Jarak Jauh Keberangkatan Jakarta Dibatalkan, Simak Daftar Lengkapnya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X