Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Perpanjang Waktu Penutupan

Kompas.com - 27/03/2020, 14:16 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur, mengumumkan perpanjangan waktu penutupan selama wabah virus corona.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan keputusan perpanjangan penutupan untuk menyikapi perkembangan pandemi virus corona. 

Terlebih status darurat bencana yang diperpanjang hingga 29 Mei 2020 oleh pemerintah.

"Maka untuk meminimalisir dampak risiko semakin meluasnya Covid-19 di Indonesia, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan memperpanjang penutupan," kata John dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/3/2020). 

Baca juga: Update: 67 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Tutup, Cegah Penyebaran Virus Corona

Perpanjangan penutupan juga berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh Balai Besar TNBTS nomor PG.03/T.8/BIDTEK.1/KSA/3/2020 tanggal 18 Maret 2020.

Masa pembukaan Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan menunggu pengumuman lebih lanjut.

"Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian kepada masyarakat, pengunjung dan pihak-pihak terkait, terima kasih," tutup John.

Sementara itu, TNBTS juga telah menyampaikan pengumuman ini di akun Instagram @tnbromotenggersemeru.

Baca juga: Update: 55 Tempat Wisata yang Tutup di Jawa Tengah untuk Cegah Corona

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#sahabatmentaritengger , Sepertinya saat dimana kita akan bersua lagi menjadi sedikit lebih lama nih.. Sesuai keputusan BNPB, status kedaruratan bencana Pandemi COVID-19 diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Jadi, untuk meminimalisir dampak dan resiko meluasnya wabah, penutupan seluruh kawasan TNBTS harus diperpanjang. Sampai kapan? Jangan tanya mimin. Tapi tanyakan pada diri sahabat semua, sudah siap melawan COVID-19 ini atau belum? Untuk melawan Covid-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tenaga kesehatan aja ya.. tapi tanggung jawab semua elemen masyarakat. Sahabat bisa aja punya daya tahan tubuh yang baik. Tapi, kalau gak jaga jarak sosial, SAHABAT BISA TERTULAR JUGA. . Makanya, jangan ngotot tanya kapan Bromo dan Semeru buka lagi ya. Ikutin pesan pemerintah , jaga kesehatan dan tetap #dirumahaja yaa sampai situasi kondusif. Semoga kita sehat selalu dan segera bersua kembali. Aamiin. . Salam Lestari. . #klhk #dirjenksdae #tnbts #covid19 #bromo #tengger #semeru

A post shared by Bromo Tengger Semeru (@tnbromotenggersemeru) on Mar 26, 2020 at 8:14pm PDT

Akun tersebut menyampaikan agar pengunjung tetap mematuhi pesan pemerintah dengan menjaga kesehatan dan tetap melakukan aktivitas hanya di rumah sampai situasi kembali kondusif.

"Untuk melawan Covid-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan tenaga kesehatan aja ya..tapi tanggung jawab semua elemen masyarakat. Sahabat bisa aja punya daya tahan tubuh yang baik. Tapi, kalau gak jaga jarak sosial, sahabat bisa tertular juga," tulis akun @tnbromotenggersemeru.

Baca juga: Update: 56 Kawasan Taman Nasional Tutup untuk Antisipasi Virus Corona

Sebelumnya, TNBTS mengumumkan penutupan sementara kawasan untuk mencegah penyebaran virus corona mulai 19-31 Maret 2020.

Namun, melihat situasi status darurat bencana yang diperpanjang hingga 29 Mei 2020, maka kawasan TNBTS memperpanjang waktu penutupan sampai dengan pengumuman lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com