Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Resep Minuman Dalgona yang Lagi Viral, Kali Ini Tanpa Kopi

Kompas.com - 27/03/2020, 20:03 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

Sumber KL Foodie


JAKARTA, KOMPAS.com – Sedang viral di media sosial membuat banyak orang ingin mencoba membuat Dalgona Coffee. Namun, bagi kamu yang tak bisa minum kopi ternyata ada beberapa resep dalgon lain yang bisa dicoba.

Baca juga: Dalgona Coffee, Kopi Viral di Korea karena Social Distancing

Cara membuatnya mudah. Jika kamu sudah pernah membuat Dalgona Coffee, cara membuat resep-resep di bawah ini cukup sama. Perbedaannya hanya bubuk kopi diganti dengan minuman lain.

Baca juga: Dalgona Coffee, Kopi Viral di Korea karena Social Distancing

Berikut ini beberapa resep dalgona selain menggunakan kopi dilansir dari klfoodie.com.

Dalgona Matcha

Dalgona Matcha membutuhkan bahan-bahan yang sedikit berbeda. Siapkan 1 sendok makan bubuk matcha, 1 putih telur, ¼ gelas gula putih, ¼ gelas air, dan 1 gelas susu.

Cara pembuatannya, pisahkan putih telur ke mangkuk kecil. Dengan menggunakan kocokan atau mixer elektrik, kocok telur hingga berbusa dan bertekstur halus serta lembut.

Lalu campur gula dan air di dalam panci sambil dipanaskan di atas kompor. Biarnya larutan gula hingga mendidih dan jangan aduk campuran tersebut.

Perlahan-lahan tuangkan sirup gula yang sudah mendidih tersebut ke dalam mangkuk yang terdapat putih telur yang sudah dikocok tadi. Aduk campuran tersebut hingga mengkilap.

Tambahkan bubuk matcha dan aduk hingga campuran tersebut punya konsistensi yang halus.
Terakhir, tuangkan susu ke dalam gelas. Tambahkan es batu, dan tuangkan adonan ke atasnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Dalgona is a popular Korean street candy similar to toffee or honeycomb but its Iced Coffee version is what has been trending across social media platforms. But we understand that not everyone is fond of coffee. So here's dalgona recipe for matcha lovers! While this recipe might be a little complicated, it’s definitely worth the effort! You’ll just need matcha powder, egg whites, water and sugar! ???? Watch relaxing video recipe, link on my bio ???? Let's be friends! Instagram: @healthy_foodieph FB Page: Healthy Foodie #dalgonamatcha #matcha #dalgona #dalgonastyle #icedmatcha #frothymatcha #yummy #dalgomamatcharecipe #foodieph #nondairycream #nondairy #greentea #vlog #vlogph #youtuber #youtube #youtubeph #food #dessertporn #dessert #sweet #drink #beverage #matchalover #milk #cookingvideo #cookingvlog #ph #ig

Sebuah kiriman dibagikan oleh Healthy Foodie Ph (@healthy_foodieph) pada 24 Mar 2020 jam 5:26 PDT

Dalgona Milo

Untuk Dalgona Milo, kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan berikut. Yakni 2 sendok makan bubuk Milo, 2 sendok makan gula putih, 2 sendok makan air panas, dan 1 gelas susu.

Cara membuatnya, campur bubuk Milo, gula, dan air panas dalam mangkuk kecil. Gunakan kocokan tangan atau mixer elektrik. Kocok adonan sekitar 3-5 menit, atau yang banyak orang bilang hingga 400 kali kocokan.

Tunggu hingga adonan punya konsistensi yang tebal dan creamy. Artinya adonan sudah siap.

Tuangkan susu ke dalam gelas, tambahkan es dan tuangkan adonan di atas susu. Taburkan sedikit bubuk Milo di atasnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

#milodalgona with crushedcookiesandwhipcream ???????????? #dalgonamilo with coffee #dalgonamilochallenge #dalgonalatte

Sebuah kiriman dibagikan oleh michelle bofill (paochin27) (@mikaylapoleng) pada 25 Mar 2020 jam 3:50 PDT

Dalgona Milk Tea

Pembuatan Dalgona Milk Tea agak berbeda dari yang lain. Resep ini menggunakan dalgona “asli” atau permen gula Korea tradisional. Untuk membuatnya, kamu perlu mempersiapkan 2 sendok makan gula putih, satu sendok teh baking soda, dan 1 sendok makan air panas.

Cara pembuatannya, pertama lelehkan gula di atas kompor hingga mencair dan berwarna kecokelatan. Setelahnya, tambahkan baking soda ke dalam sirup dula dan aduk hingga memiliki konsistensi yang lengket.

Setelahnya, tuang campuran tersebut ke atas kertas perkamen atau kertas roti. Kertas jenis ini tidak akan menempel pada bahan makanan. Biasanya digunakan untuk proses memanggang.

Dalam membuat dalgona, kertas ini digunakan agar campuran gula yang lengket itu tidak menempel pada kertas. Setelah menuangkan adonan gula di atas kertas perkamen, biarkan hingga dingin dan mengeras selama sekitar satu jam.

Setelahnya, pecahkan dan potong-potong permen gula yang sudah keras tersebut menggunakan pisau.

Lalu buat campuran milk tea. Tuang susu ke dalam gelas, tambahkan es batu, lalu campurkan teh secukupnya. Lalu taburkan potongan permen dalgona di atasnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

? ? ??? ??? (dalgona milktea) ? ? #?????? #??? #JMT #?? #?? #???? #dalgonamilktea #dalgona #dessert #yummy #milktea #cafe #??? #?????? #???? #????? #??? #???? #???? #????

Sebuah kiriman dibagikan oleh ? ? (@nohi_frida_jy) pada 28 Des 2019 jam 8:41 PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KL Foodie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com