Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2020, 12:22 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

Sumber Antara

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Salah satu pengelola penginapan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyediakan tempat istirahat bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid-19, khususnya tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto.

Baca juga: Ini 4 Hotel Jakarta Tourisindo yang Jadi Tempat Tinggal Tenaga Medis Covid-19

"Mulai hari ini, Aksara Homestay milik PT Aksara Investama Propertindo, diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi para tenaga medis di Banyumas yang sedang berjuang keras mengalahkan wabah Covid-19. Kami menutup total hotel ini untuk tamu-tamu umum," kata Direktur Utama PT Aksara Investama Propetindo Brili Agung di Purwokerto, Jumat (27/3/2020) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan bahwa tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 menjalankan tugas berat dan berisiko.

Beberapa di antara mereka menghadapi respons negatif dari warga di sekitar tempat tinggal yang khawatir mereka bisa menularkan penyakit.

"Wajahnya tertutup masker, tapi perannya terlihat dengan nyata. Mereka harus kita dukung penuh," kata Brili mengenai para petugas medis yang berjuang melawan wabah COVID-19.

Brili mengatakan perusahaan sudah menyiapkan 24 kamar yang mampu menampung 48 personel kesehatan. Kamar-kamar untuk petugas medis dibersihkan dan disemprot disinfektan secara rutin.

Aksara Homestaywww.reddoorz.com Aksara Homestay

Pengelola penginapan juga menyediakan sarapan, masker, serta cairan pembersih tangan untuk para tenaga medis.

"Hari ini, beberapa tenaga medis dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo mulai menempati Aksara Homestay, lainnya akan segera menyusul," kata Brili.

"Mereka turun berjuang melayani warga Banyumas dalam masa sulit, dan siap menghadapi tantangan berat dengan risiko sangat tinggi. Dukungan dari kita semua, semoga dapat meringankan beban para pejuang kemanusiaan ini," ia menambahkan.

Ia menambahkan, selain tenaga medis dari RSMS Purwokerto, tenaga medis dari rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 lain di Kabupaten Banyumas bisa tinggal di Aksara Homestay.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Izinkan Kami Berjuang Untukmu Tenaga kesehatan yang mengurusi pasien covid-19 adalah pejuang yang tugasnya terberat dan paling berisiko terpapar. Wajahnya tertutup masker, tapi perannya terlihat dengan nyata. Ditambah fakta bahwa Banyumas sudah mulai kedatangan pemudik-pemudik dari kota besar yang makin meningkatkan risiko penyebaran virus ini. Dan mulai santer terdengar kabar tenaga kesehatan yang diusir dari kos atau kontrakannya karena stigma negatif masyarakat. Mereka harus kita dukung penuh. Mulai hari ini, Aksara Homestay milik PT Aksara Investama Propertindo, diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi para tenaga medis di Banyumas yang sedang berjuang keras mengalahkan wabah COVID-19. Kami menutup total hotel ini untuk tamu tamu umum. 24 kamar yang mampu menampung 48 personel telah disiapkan. Seluruh fasilitas pendukung di dalamnya disiapkan khusus untuk melindungi dan melayani para tenaga medis. Setiap kamar dibersihkan dengan disinfektan secara rutin. Kami juga memfasilitasi sarapan, masker dan hand sanitizer untuk tenaga kesehatan. Hari ini, beberapa tenaga medis dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo mulai menempati aksara Homestay. Lainnya akan segera menyusul. Mereka turun berjuang melayani warga Banyumas dalam masa sulit, dan siap menghadapi tantangan berat dengan risiko sangat tinggi. Dukungan dari kita semua, semoga dapat meringankan beban para pejuang kemanusiaan ini. Tak lupa kita terus doakan agar Allah SWT terus melindungi mereka, memberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas mulia ini. Dukungan ini adalah dukungan penuh dari semua elemen masyarakat. Terimakasih kepada Bapak Ir. Achmad Husein selaku Bupati Banyumas, Bapak Sadiyanto selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr. Tri Kuncoro selaku Dirut RSUD Margono, semua investor dan pemegang saham di PT Aksara Investama Propertindo, Cozy Coz Care dan tim Aksara Homestay. Kepada seluruh pihak yang dapat membantu, Banyumas memanggil kita semua. Bagi yang ingin menyumbangkan makanan atau bantuan lainnya, bisa hubungi saya. Jangan biarkan tenaga medis bertarung sendirian di garda terdepan. Ini kerja bersama, kerja kolosal dan semua perlu terlibat. Mari ki

A post shared by Aksara Homestay (@aksarahomestay) on Mar 26, 2020 at 11:56pm PDT

Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dr. Tri Kuncoro, M.M.R. mengapresiasi bantuan dari PT Aksara Investama Propetindo.

"Ini sangat membantu sekali terutama bagi para tenaga kesehatan yang rumahnya jauh, mengalami kelelahan, atau misalnya terjadi sensitivitas warga, mungkin warga menolak atau bagaimana, nanti bisa memanfaatkan bantuan tersebut. Ini sangat positif bagi partisipasi masyarakat dalam melawam corona, khususnya untuk support tenaga kesehatan di RSMS Purwokerto," katanya.

Ada tenaga medis yang diminta tinggalkan indekos

Ia mengatakan bahwa setidaknya ada dua tenaga medis RSMS Purwokerto yang terbantu dengan adanya dukungan fasilitas dari pengelola penginapan karena mereka diminta meninggalkan tempat indekos.

Menurutnya, hal ini terjadi kemungkinan karena minimnya pengetahuan warga mengenai penularan Covid-19.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com