Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Membuat Wedang Secang, Minuman Herbal dari Serutan Kayu

Kompas.com - 28/03/2020, 17:41 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwarna merah kecoklatan, minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh ini bernama wedang secang.

Baca juga: Cara Membuat Wedang Uwuh, Minuman Sampah yang Menghangatkan Tubuh

Wedang artinya minuman, wedang secang sendiri adalah minuman hangat yang berbahan dasar kayu secang.

Chef Gatot Susanto, Corporate Chef Parador Hotels & Resorts menjelaskan apa itu wedang secang dan cara membuatnya.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Beda Wedang Uwuh dengan Wedang Secang

"Bahan utamanya kayu secang, biasanya campurkan dengan jahe, kapulaga, serai, daun pandan, kayu manis," jelas chef  Gatot saat dihubungi oleh Kompas.com, Kamis, (27/3/2020).

Wedang secang sendiri memiliki banyak khasiat salah satunya adalah menambah stamina tubuh.

Selain itu Wedang secang memiliki khasiat seperti menghilangkan pegal linu, meningkatkan stamina, dan menjaga daya tahan tubuh.

Ilustrasi beragam tanaman herbal dan rempah untuk membuat wedang secang. SHUTTERSTOCK/ARFANARTD Ilustrasi beragam tanaman herbal dan rempah untuk membuat wedang secang.

Cita rasa dari wedang secang manis dan sedikit pedas dari jahe yang membuat tubuh terasa hangat.

Sebab memiliki banyak kandungan rempah dan jahe, wedang ini bisa menghangatkan tenggorokan walaupun dikonsumsi dengan keadaan dingin.

Cara membuat wedang secang cukup mudah dan bahannya pun sederhana. Kamu dapat mengumpulkan bahan-bahan dan merebusnya dalam air mendidih.

Mengutip berita Kompas.com, bahan membuat wedang secang dapat ditemukan di pasar, biasanya sudah dalam kemasan plastik yang dijual sekitar Rp 10.000 per bungkus.

Baca juga: Resep Membuat Wedang Alang-alang, Minuman yang Menghangatkan Tubuh

"Untuk 5 liter air berarti butuh sekitar 50gm secang, lalu juga ada gula pasir 1/4 kilo, 2 batang serai, daun pandan, kapulaga 20 hingga 30 gram. dan jahe 40 hingga 50 gram lalu kayu manis," jelas Chef Gatot.

Ilustrasi serutan kayu secang sebagai bahan utama wedang secang. SHUTTERSTOCK/MACRO STUDIO LA Ilustrasi serutan kayu secang sebagai bahan utama wedang secang.

Setelah semua bahan tersebut terkumpul maka bisa langsung merebus air. Jika air mendidih masukkan semua komponen wedang secang dan kecilkan api. Rebus hingga 45 menit.

Disarankan untuk tidak merebus lebih dari 45 menit karena jika terlalu lama nutrisi dari tanaman tersebut akan ikut menguap dan hilang.

Minuman ini akan tahan selama lima hari di dalam kulkas dan dapat dipanaskan kembali. Namun alangkah baiknya jika minuman ini dikonsumsi langsung setelah dimasak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com