Citilink Tangguhkan Penerbangan Medan-Aceh Utara, Wings Air Kurangi Jadwal Penerbangan

Kompas.com - 29/03/2020, 07:26 WIB
Ilustrasi pesawat Citilink. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Ilustrasi pesawat Citilink.


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Maskapai Citilink sejak awal Maret resmi tidak melayani rute Bandara Kualanamu, Medan – Bandara Malikussaleh, Aceh Utara.

Sementara maskapai Wings Air mengurangi jadwal penerbangan, dari setiap hari menjadi tiga hari dalam sepekan.

Kepala Tata Usaha Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, Niswan, dihubungi Sabtu (28/3/2020) menyebutkan Citilink dalam suratnya menyatakan alasan menutup sementara rute tersebut karena alasan operasional.

“Mereka bilang sampai April. Semata-mata alasan operasional. Begitu juga Wings Air. Tidak disebut alasan terdampak virus corona (Covid-19),” kata Niswan.

Baca juga: Lion Air Group Tunda Sementara Layanan Internasional dari dan ke Malaysia

Dia menyebutkan, Wings Air dari dan ke Bandara Malikussaleh saat ini hanya tiga hari yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu setiap pukul 11.20 WIB.

Bandara Malikussaleh sejauh ini menerapkan pengecekan suhu tubuh dan pemberian kartu kontrol kesehatan untuk penumpang yang baru mendarat.

“Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Lhokseumawe yang memeriksa suhu tubuh dan kartu kontrol kesehatan. Kami hanya membantu,” sebut Niswan.

Saat ditanya apakah ada usulan penutupan bandara dari Pemerintah Aceh Utara, Niswan mengaku belum menerima informasi tersebut.

Baca juga: Cara Refund Tiket Pesawat dan Hotel di Pegipegi, Tiket.com, dan Traveloka

“Kalau Pemda mau tutup bandara, itu harus menyurati Menteri Perhubungan RI. Karena, penutupan bandara harus izin kementerian,” katanya.

Saat ini, penumpang yang menggunakan rute itu relatif stabil. Tidak ada penurunan ditengah merebaknya virus corona.

“Penumpang stabil saja. Tidak ada berkurang walau ditengah corona,” pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X