Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

28 Kereta Api Jarak Jauh dari Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota Dibatalkan

Kompas.com - 29/03/2020, 11:27 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 28 kereta api (KA) jarak jauh keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dibatalkan mulai 1 April – 1 Mei 2020.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Kebijakan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) tersebut juga dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah yang mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, Minggu (29/3/2020), meski terdapat beberapa pengurangan jadwal, Daop 1 Jakarta memastikan bahwa jarak antar penumpang di kereta tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas.

Baca juga: Pembatalan Tiket Kereta Api Bisa Dilakukan Online, Tak Perlu Datang ke Stasiun

Disebutkan bahwa saat ini, volume penumpang juga tidak sepadat di waktu normal. Bahkan volume cenderung menurun.

Khusus stasiun keberangkatan di area Daop 1 Jakarta, rata-rata penurunan volume terjadi hingga 70 persen.

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut, mereka dapat mengajukan pengembalian bea tiket 100 persen di luar bea pesan.

PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya.

Kendati demikian, penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA yang lain secara mandiri.

Sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket pada jadwal KA yang dibatalkan sudah diberi informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau kepada calon penumpang untuk melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Access terbaru tanpa perlu melakukan pembatalan ke stasiun.

Petugas medis dari PT KAI DAOP 1 Jakarta membagikan masker pada calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Pembagian masker gratis pada calon penumpang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Petugas medis dari PT KAI DAOP 1 Jakarta membagikan masker pada calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Pembagian masker gratis pada calon penumpang dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.

Meski bergitu, proses pembatalan juga bisa dilakukan di loket stasiun pembatalan yang ditentukan. 

Stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, Serang, dan Bogor Paledang.

Kebijakan pengurangan jadwal perjalanan tersebut akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan dan situasi di lapangan seiring upaya pencegahan menyebarnya virus corona yang terus dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta.

Baca juga: Lion Air Bebaskan Biaya Penjadwalan Ulang Penerbangan

Dalam 28 KA jarak jauh yang dibatalkan, terdapat 17 KA dari Stasiun Gambir, 9 KA dari Stasiun Pasar Senen, dan 2 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com