28 Kereta Api Jarak Jauh dari Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota Dibatalkan

Kompas.com - 29/03/2020, 11:27 WIB
Kereta Api Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (pp) siap diberangkatkan dari Jalur 1 Stasiun Gambir, Jumat (22/11/2019). Nicholas Ryan AdityaKereta Api Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung (pp) siap diberangkatkan dari Jalur 1 Stasiun Gambir, Jumat (22/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 28 kereta api (KA) jarak jauh keberangkatan Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota dibatalkan mulai 1 April – 1 Mei 2020.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Kebijakan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) tersebut juga dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah yang mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, Minggu (29/3/2020), meski terdapat beberapa pengurangan jadwal, Daop 1 Jakarta memastikan bahwa jarak antar penumpang di kereta tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas.

Baca juga: Pembatalan Tiket Kereta Api Bisa Dilakukan Online, Tak Perlu Datang ke Stasiun

Disebutkan bahwa saat ini, volume penumpang juga tidak sepadat di waktu normal. Bahkan volume cenderung menurun.

Khusus stasiun keberangkatan di area Daop 1 Jakarta, rata-rata penurunan volume terjadi hingga 70 persen.

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut, mereka dapat mengajukan pengembalian bea tiket 100 persen di luar bea pesan.

PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya.

Kendati demikian, penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA yang lain secara mandiri.

Sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket pada jadwal KA yang dibatalkan sudah diberi informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X