Myanmar dan Kamboja Tangguhkan Visa untuk Turis

Kompas.com - 30/03/2020, 14:02 WIB
Karaweik Palace di Yangon, Myanmar. SHUTTERSTOCK/TWStockKaraweik Palace di Yangon, Myanmar.

KOMPAS.com – Mulai Minggu (29/3/2020), Myanmar menanguhkan pengeluaran visa untuk warga negara asing (WNA) hingga 30 April 2020.

Penangguhan tersebut diberlakukan guna memperkuat langkah-langkah pencegahan menyebarnya virus corona (Covid-19).

Mengutip Myanmar Times, Minggu (29/3/2020), pemerintah juga menangguhkan pembebasan visa yang diberikan kepada seluruh WNA pada pengaturan bilateral seperti anggota ASEAN.

Meski begitu berdasarkan pernyataam Kementerian Luar Negeri Myanmar, terdapat pengecualian seperti mereka yang memiliki paspor diplomatik dan resmi.

Pengecualian lain dalam penangguhan visa tersebut adalah diplomat yang terakreditasi di Myanmar, para pejabat PBB yang tinggal di Myanmar, dan awak kapal serta pesawat yang beroperasi dari dan ke Myanmar.

Baca juga: Di Rumah Aja? Jajal Keliling Istana Eropa di Lewat Virtual Traveling

Seluruh diplomat yang terakreditasi ke Myanmar dan pejabat PBB yang tinggal di Myanmar diperbolehkan untuk memperoleh visa masuk melalui Myanmar Mission di luar negeri.

Namun ada syarat tertentu yang diberlakukan.

“Mereka harus memberi sertifikat tentang tidak adanya infeksi Covid-19 yang dikeluarkan oleh laboratorium yang telah diakui," kata Kementerian Luar Negeri Myanmar.

Surat pernyataan bebas virus corona tersebut tidak boleh dirilis lebih dari 72 jam sebelum tanggal keberangkatan dan sebelum menaiki pesawat apapun dengan tujuan ke Myanmar. 

“Mereka akan dikarantina di rumah selama 14 hari pada hari kedatangan mereka di Myanmar,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X