Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Mewah di Singapura dan Australia Dijadikan Tempat Karantina Covid-19

Kompas.com - 31/03/2020, 15:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Singapura dan Australia menetapkan kebijakan karantina bagi warganyayang baru kembali dari luar negeri.

Uniknya mereka dikarantika dalam sebuah hotel mewah yang menyuguhkan pemandangan indah.

Berikut adalah informasi tempat karantina warga Singapura dan Australia yang baru kembali dari luar negeri:   

Singapura

Mengutip Bloomberg, Sabtu (28/3/2020), pemerintah Singapura minggu lalu mengatakan bahwa mereka menempatkan warga negaranya yang kembali dari Amerika dan Inggris di beberapa hotel.

Singapura mengalami lonjakan kasus yang sebagian besar melibatkan individu yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

Lonjakan kasus positif virus corona terbanyak datang dari orang yang baru kembali dari Amerika dan Inggris.

Baca juga: Aturan Terbaru ke Korsel, Harus Karantina Selama 14 Hari

Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Lawrence Wong, menuturkan kepada parlemen pekan lalu bahwa negara mereka memiliki sekitar 1.200 warga yang kembali dari Amerika dan Inggris setiap harinya.

Sementara itu, Singapura mengonfirmasi Sabtu (28/3/2020) lalu bahwa infeksi virus corona meningkat menjadi 802. Sebagian besarnya diklasifikasikan sebagai kasus impor.

Selasa (24/3/2020) lalu, pemerintah Singapura mengatakan mereka tengah bekerja sama dengan opeartor hotel untuk menyediakan fasilitas khusus karantina virus corona.

Shangri-Las Rasa Sentosa Resort & Spa.dok.Shangri-Las Rasa Sentosa Resort & Spa Shangri-Las Rasa Sentosa Resort & Spa.

Kendati demikian, mereka yang melakukan karantina di rumah masing-masing juga bisa mengajukan permohonan untuk dikarantina di hotel.

Bagi yang melakukan karantina di hotel, akan diberikan pelayanan hotel seperti disediakan makanan dan fasilitas laundry. Semuanya dibayar oleh uang para pembayar pajak.

Menurut sebuah situs properti bernama 99.co, Singapura sudah memesan lebih dari 7.500 kamar hotel dan apartemen untuk tempat karantina virus corona.

Baca juga: Tunda Liburan ke Jepang, Ada Pembatasan Visa Kunjungan Termasuk untuk WNI

Beberapa hotel yang terdaftar di antaranya adalah jaringan hotel internasional mewah seperti Hilton Worldwide Holdings Inc, InterContinental Hotels Group, dan Accor SA.

Rasa Sentosa dan beberapa hotel lain di Singapura juga menyediakan fasilitas khusus untuk warga Singapura yang kembali untuk melaksanakan karantinanya.

Membantu industri perhotelan

Disebutkan bahwa pemerintah Singapura melakukan langkah tersebut sebagai cara untuk mendukung industri perhotelan yang terdampak pandemi global tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com