5 Resep Minuman Jahe Hangat yang Mudah Dibuat di Rumah

Kompas.com - 31/03/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak kasus positif virus corona muncul di Indonesia, empon-empon banyak diburu oleh masyarakat.

Salah satu empon-empon yang banyak diincar adalah jahe. Jahe tak hanya dapat menghangatkan tubuh, melainkan juga baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah resep lima minuman jahe hangat yang mudah dibuat di rumah, dikutip dari Sajian Sedap:

Baca juga: Pengalaman Bikin Dalgona Coffee, Bukan Aduk 400 Kali Tapi Ini Caranya...

1. Teh jahe lemon

Bahan yang dibutuhkan: 25 gram teh tubruk hitam, 500 ml air, 5 sentimeter jahe bakar yang dimemarkan, 1 buah lemon iris bulat bulat.

Bahan pelengkap: irisan buah lemon, 50 gram gula batu.

Cara Membuat teh lemon jahe:

1. Panaskan air. Masukkan jahe. Masak di atas api kecil hingga harum. Matikan api.

2. Kemudian tambahkan teh tubruk, aduk hingga air berubah warna. Tambahkan irisan lemon dan diamkan 20 menit hingga sari lemonnya keluar.

3. Jika sudah 20 menit dapat menyaring lemon, panaskan kembali dan sajikan dengan gula jika suka manis. Sajian ini untuk dua gelas teh lemon jahe

2. Wedang teh jahe berempah

Ilustrasi wedang jahe, minuman tradisional khas Jawa. Terbuat dari jahe, sereh, cengkeh, dan gula batu. SHUTTERSTOCK/IKA HILAL Ilustrasi wedang jahe, minuman tradisional khas Jawa. Terbuat dari jahe, sereh, cengkeh, dan gula batu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X