Kompas.com - 01/04/2020, 12:05 WIB
Alat Pelindung Diri (APD) untuk kru pesawat di Taiwan. dok.Central Epidemic Command Center (CECC)Alat Pelindung Diri (APD) untuk kru pesawat di Taiwan.

KOMPAS.com – Central Epidemic Command Center (CECC) Taiwan mengumumkan seluruh kru pesawat akan diberikan alat pelindung diri (APD) mulai 1 April 2020 pada Sabtu (28/3/2020).

Menurut laman Focus Taiwan, Sabtu (28/3/2020), para kru pesawat harus menggunakan masker bedah, kacama pelindung (goggle), pakaian pelindung, dan sarung tangan.

Menteri Kesehatan Taiwan yang menjabat sebagai ketua CECC, Chen Shih-chung, mengatakan bahwa APD tersebut sama seperti APD yang diberikan kepada para tenaga medis.

Dia juga menambahkan, CECC akan membuat pedoman bagi para penumpang. Apabila mereka melanggar aturan maka mereka akan terkena hukuman.

Baca juga: Intip Hotel Mewah Tempat Raja Thailand Isolasi Diri dengan 20 Selir

Saat ini, CECC mengatakan bahwa para penumpang bisa membawa APD masing-masing termasuk hand sanitizer beralkohol tidak lebih dari 100 ml.

CECC juga mengingatkan bahwa mereka tidak bisa mengubah tempat duduk tanpa memberitahu pramugari atau pramugara terlebih dahulu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kontrol virus corona untuk para kru pesawat menjadi perhatian pemerintah Taiwan.

Sebab, terdapat beberapa kru pesawat dan pilot maskapai penerbangan Taiwan yang terinfeksi virus corona.

Sementara itu, The Civil Aeronautics Administration (CAA) Taiwan mengumumkan terdapat peraturan baru untuk kru pesawat pada Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Apa Rasanya Teh Hijau Campur Jahe? Ini Cara Bikin Golden Ginger Tea

Jika kru pesawat harus bertugas pada penerbangan jarak jauh yang mengharuskan mereka memasuki negara lain, maka sepulang ke Taiwan mereka harus beristirahat.

Istirahat dilakukan dengan karantina pribadi di rumah selama lima hari. Bagi kru pesawat yang melayani penerbangan jarak jauh kargo, karantina pribadi dilakukan selama tiga hari.

Sebelum pengumuman peraturan baru ini, kru pesawat Taiwan masih dapat terus bertugas tanpa perlu karantina diri setelah pulang dari penerbangan luar negeri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.