Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

White Horse Group Siapkan 6 Bus untuk Antar Jemput Tenaga Medis Covid-19

Kompas.com - 01/04/2020, 15:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWhite Horse Group bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membantu tenaga medis virus corona (Covid-19).

Berdasarkan siaran pers yang Kompas.com terima, Rabu (1/4/2020), White Horse Group turut berkontribusi dalam penyediaan transportasi khusus untuk tenaga medis di rumah sakit. 

Ada enam bus White Horse yang dikhususkan untuk menjemput dan mengantar tenaga medis dari rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

Baca juga: Kru Pesawat Taiwan Kini Wajib Menggunakan Alat Pelindung Diri 

Jasa antar jemput gratis ini memiliki rute dari rumah sakit rujukan ke hotel-hotel yang telah disediakan untuk mereka menginap, dan sebaliknya.

Sebelum beroperasi, 20 orang kru bus yang terdiri dari pengemudi dan asisten pengemudi diberikan pelatihan terlebih dahulu.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu mereka merasa lebih aman dan siap dalam menjalankan tugas sesuai dengan standar yang berlaku.

Dalam kerja sama tersebut, White Horse Group dan Kemenparekraf memerhatikan protokol kesehatan sesuai standard operational procedure (SOP) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Adapun SOP yang berlaku adalah kru bus dibekali masker bedah, sarung tangan, alat pengukur suhu non kontak, hand sanitizer, sprayer, disinfektan, kain lap, gunting, dan kantong plastik sampah.

Baca juga: Efek Wabah Corona, Jepang Akan Bagikan Wagyu Gratis bagi Warganya

Selain itu, penyemprotan disinfektan secara rutin juga dilakukan di dalam bus pada bagian kendaraan yang sering disentuh sebelum dan setelah mereka mengantar para tenaga medis.

Tidak hanya itu, para pengemudi dan asisten pengemudi juga diinapkan di hotel yang sama dengan para tenaga medis selama bertugas.

Pelatihan seputar pencegahan virus corona yang dihadiri oleh pengemudi dan asisten pengemudi White Horse Group.dok.White Horse Group Pelatihan seputar pencegahan virus corona yang dihadiri oleh pengemudi dan asisten pengemudi White Horse Group.

“Kami berharap semoga bantuan ini dapat menunjang tenaga medis dalam menjalankan tugas. Kami juga selalu memastikan kesehatan dan keselamatan kru kami,” tutur Direktur Sales and Marketing White Horse Group, Tiodora Bonardy.

Selain pemberlakuan SOP tersebut, White Horse Group juga rutin melakukan serangkaian tindakan pencegahan penularan virus corona.

Di antaranya adalah memastikan kebersihan armada transportasi sebelum dan sesudah mengantar tamu.

Termasuk memastikan kondisi kesehatan pengemudi sebelum bertugas.

Baca juga: Intip Isi The Media Hotel Jakarta, Tempat Istirahat Tenaga Kesehatan Virus Corona

Upaya tersebut diterapkan agar armada transportasi dan kru bus selalu dalam kondisi bersih dan sehat secara maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com