Jenis-jenis Daging untuk Steak dan Tips Memilih Sesuai Selera

Kompas.com - 03/04/2020, 20:07 WIB
Ilustrasi rib eye steak yang dimasak medium rare ShutterstockIlustrasi rib eye steak yang dimasak medium rare


JAKARTA, KOMPAS.com – Kamu suka makan steak? Di masa-masa physical distancing seperti sekarang ini kamu tetap bisa makan steak favorit di rumah.

Untuk membuat steak di rumah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli dagingnya.

Memilih daging untuk diolah jadi steak ternyata tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Menurut Executive Sous Chef di JW Marriott Jakarta, Heri Purnama, ada beberapa jenis potongan daging yang bisa dijadikan steak.

Baca juga: Tips dan Cara Masak Steak ala Restoran di Rumah untuk Pemula

Adalah potongan rib eye, tenderloin, strip cut, dan t-bone. Keempat jenis potongan daging ini memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Rib eye adalah bagian daging yang menempel pada rusuk sapi, tekstur dagingnya sangat lembut dan juicy ," jelas Heri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Rib Eye Steak di restoran fine dining, Aria. Daging sapi adalah salah satu produk andalan Australia, tak heran rasanya begitu lezat.Kompas.com/Silvita Agmasari Rib Eye Steak di restoran fine dining, Aria. Daging sapi adalah salah satu produk andalan Australia, tak heran rasanya begitu lezat.

Rib eye banyak jadi favorit lantaran di bagian daging ini ada sedikit lemak yang membuat daging terasa lebih lezat. 

"Aromanya juga lebih enak kalau dipanggang,” jelas Heri.

Lalu untuk tenderloin, biasa juga dikenal dengan nama filet mignon yang terdapat di bagian tengah rusuk di dekat otot besar.

Tekstur daging tenderloin sangat empuk dan lembut, tidak mengandung banyak lemak. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X