Kisah Pemilik Kedai Kopi Aceh di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/04/2020, 19:30 WIB
Pedagang kopi dengan mobil di Jalan T Nyak Adam Kamil, Lhokseumawe, Sabtu (4/4/2020) KOMPAS.com/MASRIADI Pedagang kopi dengan mobil di Jalan T Nyak Adam Kamil, Lhokseumawe, Sabtu (4/4/2020)

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.comWabah virus corona ( Covid-19 ) memengaruhi beragam hal termasuk kedai kopi di Aceh.

Baca juga: 12 Kafe Rekomendasi di Jakarta untuk Pesan Antar Kopi, Teh, Bir Pletok, dan Camilan

Muhammad Ikhsan (26) terlihat lebih santai dari hari-hari biasanya di depan gedung Islamic Center, Kota Lhokseumawe, Sabtu (4/4/2020).

Baca juga: Cara Bikin Cappuccino Tanpa Mesin saat Kerja dari Rumah

 

Ia hanya sesekali bangun dari duduknya dan menuju mobil boks yang disulap sebagai tempat pengolahan kopi arabica asal Gayo, Aceh Tengah.

“Berat sekarang ini. Berat sekali. Terasa sekali dampak virus corona ini. Masyarakat tidak keluar rumah dan penjualan kami menurun drastis,” katanya.

Kopi Aceh.Dok. Kementerian Pariwisata Kopi Aceh.

 

Jam buka pun dikurangi. Jika hari biasa dia berjualan hingga tengah malam, kini hanya sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Ditambah lagi pemberlakuan jam malam di Aceh dan Kota Lhokseumawe.

Polisi dan TNI rajin berkeliling kota untuk mengingatkan warga tidak berkumpul. Jika ada warga berkumpul langsung dibubarkan.

Dua meja diletakan di samping mobil untuk tempat minum kopi. Biasanya, warung mobil itu kerap melayani pembeli dan minum di situ. Kini, hanya sebagian warga memesan kopi dengan sistem beli dan bungkus.

“Ada juga satu atau dua orang minum kopi di sini. Itu pun sebentar saja. Lalu mereka pergi. Karena malas juga kena razia polisi hahaha,” katanya sambil tertawa.

Ilustrasi biji kopiAlbert Supargo Ilustrasi biji kopi

Dalam sehari dia kehilangan pendapatan belasan juta rupiah.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X