Wishnutama Tertarik Ide Garap MICE Online Usai Virus Corona, Apa Tanggapan Industri MICE?

Kompas.com - 05/04/2020, 12:01 WIB
Suasana ITB Berlin pada 2019. dok.Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifSuasana ITB Berlin pada 2019.


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan akan memikirkan ide mengadakan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition ( MICE) online setelah virus corona berakhir.

"Sangat yakin bisa menjadi opportunity baru. Dengan cara ini bisa menjadi alternatif baru untuk menekan biaya,"kata Wishnutama ketika menjadi narasumber dalam Live Stream Fest 2020 di Vidio, Sabtu (4/4/2020).

"Misalnya membuat event, seperti conference. Nanti tinggal cari narasumbernya saja yang sesuai," lanjutnya.

Lanjutnya, ia mengajak teman-teman MICE untuk dapat melihat hal tersebut sebagai sebuah kesempatan yang menarik.

Ia mencontohkan sarana meeting bisa lewat aplikasi online.

"Nanti ini bisa dibikin lebih menarik, bisa bikin presentasi lebih keren. Misalnya dengan pakai musik dan lainnya," ujarnya.

Pernyataan Wishnutaman ini menjawab salah satu penonton yang memberi pertanyaan lewat kolom tanya.

Penonton tersebut bertanya bagaimana kemungkinan pengadaan acara lewat online ke depannya. 

Baca juga: Kunjungan Wisata Lesu, Ini Saran Kemenparekraf untuk Industri MICE

Menanggapi pernyataan Wishnutama, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Congress & Convention Association (INCCA) Iqbal Alan Abdullah mengatakan MICE tidak bisa dilakukan secara online karena beragam alasan, salah satunya perlu tatap muka secara langsung.

"Tidak akan mungkin saya kira. Jadi kita bicara meeting misalnya, MICE itu kan ada meeting. Kalau kita bicara itu saja, berarti tidak akan terjadi lobi-lobi," kata Iqbal saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X