Kru Kabin Singapore Airlines Bantu Tenaga Medis di Rumah Sakit Covid-19

Kompas.com - 05/04/2020, 17:56 WIB
Pesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013). SHUTTERSTOCK/RYAN FLETCHERPesawat tipe Airbus A380 pada maskapai penerbangan Singapore Airlines, (8/10/2013).


KOMPAS.com – Lebih kurang 300 kru kabin maskapai penerbangan Singapore Airlines akan membantu mengisi kekurangan tenaga di rumah sakit akibat semakin meningkatnya penyebaran pandemi virus corona ( Covid-19 ) di Singapura.

Baca juga: Singapore Airlines Bebaskan Biaya Penjadwalan Ulang Tiket, Simak Caranya

Dilansir dari Channel News Asia, Singapore Airlines mengatakan bahwa terdapat kebutuhan yang semakin meningkat untuk mengisi kekurangan tenaga untuk merawat pasien corona.

Pasalnya banyak perawat rumah sakit yang dialihkan dari tugas mereka untuk merawat pasien corona.

Baca juga: Hotel Mewah di Singapura dan Australia Dijadikan Tempat Karantina Covid-19

Program duta perawatan (care ambassador) ini telah mendapatkan lebih dari 300 aplikasi dan nantinya akan diulas kembali tergantung kebutuhan rumah sakit.

“Untuk mendukung negara (Singapura), Singapore Airlines membuka kesempatan bagi semua awak kabin untuk bisa membantu dan menjadi care ambassador. Dengan keahlian awak kabin kami dalam merawat dan memberikan pelayanan kelas dunia, mereka jadi orang yang tepat untuk peran ini," dalam pernyataan yang diberikan oleh Singapore Airlines mengutip Channel News Asia.

Di bawah pengawasan tim perawat, duta perawatan akan menyediakan dukungan administratif dan menugaskan mereka ke pasien yang membutuhkan perawatan medis rutin tapi non-klinis.

Perawatan tersebut di antaranya menjawab panggilan pasien, membantu pasien untuk duduk di kasur, menemani pasien ke kamar mandi, menyajikan makanan, dan menemani saat sesi terapi.

Pelancong mengenakan masker saat berada di Marina Bay SingapuraDOK. AFP Pelancong mengenakan masker saat berada di Marina Bay Singapura

Duta perawatan juga bisa membantu manajemen pelayanan seperti mengumpulkan tanggapan dari pasien dan keluarga mereka termasuk juga mengatur lalu lintas pengunjung.

Singapore Airlines mengatakan hal ini akan terbuka untuk semua awak kabin berkewarganegaraan Singapura atau residen permanen Singapura. Mereka akan harus melalui program pelatihan wajib yang diadakan oleh rumah sakit.

“Akan ada kompetensi yang harus dipenuhi sebelum mereka diizinkan untuk dikerahkan ke bangsal-bangsal. Kru kami telah dilatih soal perawatan pertama dan kemampuan menangani pelanggan, yang jadi bagian dari kemampuan untuk jadi penyedia layanan pasien,” tambah Singapore Airlines.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X