Kompas.com - 06/04/2020, 21:35 WIB

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mengoperasikan mesin otomatis penyemprot cairan disinfektan ke bagasi tercatat, troli di terminal penumpang pesawat, serta nampan di pemeriksaan keamanan.

Mesin otomatis penyemprot cairan disinfektan ini dioperasikan di 19 bandara naungan PT Angkasa Pura II.

Vice President of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano dikutip dari ANTARA, Senin (6/4/2020) mengatakan pengoperasian mesin otomatis atau bilik disinfektan merupakan salah satu inovasi dan upaya perseroan menimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia.

“Penyemprotan dengan cairan disinfektan diharapkan membersihkan atau menghilangkan virus di bagasi tercatat, troli dan nampan x-ray," jelas Yado.

Baca juga: Layanan Buat Paspor Baru di Ditjen Imigrasi Indonesia Ditangguhkan Sementara Waktu

"Di atas itu, kami tetap mengkampanyekan agar mencuci tangan setelah menyentuh setiap barang, karena cara paling efektif adalah memang mencuci tangan dengan benar,” katanya.

Bagasi tercatat dimaksud adalah tas, koper, atau barang bawaan lainnya milik penumpang yang dimasukkan ke lambung pesawat.

Setelah diturunkan dari pesawat, bagasi itu diletakkan di conveyor belt (sabuk berjalan) untuk melewati bilik disinfektan.

Penyemprotan disinfektan dengan mesin otomatis (disinfectant chambers) untuk bagasi tercatat, troli dan nampan x-ray di bandara-bandara Angkasa Pura II. Dok. Angkasa Pura II Penyemprotan disinfektan dengan mesin otomatis (disinfectant chambers) untuk bagasi tercatat, troli dan nampan x-ray di bandara-bandara Angkasa Pura II.

Kemudian dengan conveyor belt yang sama bagasi menuju area pengambilan bagasi (baggage claim) di terminal penumpang.

Sementara itu di dalam terminal penumpang, bilik disinfektan dirancang sedemikian rupa agar petugas dapat memasukkan troli guna dilakukan pembersihan.

Bilik disinfektan juga digunakan untuk membersihkan nampan yang menjadi wadah barang bawaan penumpang untuk masuk ke mesin x-ray ketika menjalani pemeriksaan di security check point 1 dan 2 (SCP 1 dan 2).

Halaman:
Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.