Kunjungan Turis Asing ke Bali Menurun, Nyaris Sudah Tidak Ada Tamu

Kompas.com - 06/04/2020, 22:33 WIB
Turis asing di sawah berundak Ubud, Bali Dok. Biro Komunikasi Publik KemenparekrafTuris asing di sawah berundak Ubud, Bali

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa mengatakan bahwa keberadaan wabah pandemi COVID-19 saat ini menyebabkan pariwisata menurun.

Dampak terasa pada tingkat keterisian kamar hotel di Bali yang sepi.

"Situasi saat ini, selain karena pandemi global juga ada ketentuan pembatasan kunjungan baik yang transit maupun yang datang ke wilayah Indonesia itu kan dibatasi," kata Putu dikutip dari ANTARA, Sabtu (4/4/2020).

"Tentu akhirnya hotel mulai sepi tidak ada tamu, dan berdampak pada guide-guide ( pramuwisata) kita sehingga tidak punya pekerjaan," lanjutnya.

Baca juga: Cerita Turis Asing yang Terjebak di Bali karena Pandemi Global Virus Corona

Ia menjelaskan bahwa saat ini tamu yang datang ke Bali perhari nya hanya 500 orang.

Apabila dibandingkan dengan di waktu normal kunjungan, jumlah tamu mencapai 10.500-11.000 orang perhari. Kata dia, kunjungan ini masih didominasi dari negara Australia.

"Jadi memang tidak ada tamu, kecuali tamu-tamu yang sudah terlanjur di sini atau beberapa tamu yang sudah memiliki keluarga yang masih tinggal di sini," kata Putu.

"Hal yang terpenting sekarang menyangkut masalah jiwa manusia untuk tidak terpapar," lanjutnya.

Pihaknya berharap kondisi ini berlangsung sementara.

Tjampuhan Ridge Walk begitulah para wisatawan manca negara mengenal Bukit Campuhan, Ubud.https://pesona.travel Tjampuhan Ridge Walk begitulah para wisatawan manca negara mengenal Bukit Campuhan, Ubud.

"Semoga Mei kondisi sudah pulih kembali, jadi tinggal pemulihannya saja, harapan saya yang mendesak satu agar tidak terjadi penularan lagi. Sehingga bisa melandai dan sembuh semua," jelas Putu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X