Ngopi di Rumah? Coba Resep Baru Ini, Kopi Campur Kunyit

Kompas.com - 07/04/2020, 10:15 WIB
Es Kopi Kuniya dari Ardian Maulana dok. Ardian MaulanaEs Kopi Kuniya dari Ardian Maulana

JAKARTA, KOMPAS.com - Lagi bekerja dari rumah lalu ingin ngopi ala kafe kekinian? Jangan khawatir, kini kamu bisa mencoba beberapa kreasi sendiri.

Kamu bisa mencoba resep kopi ciptaan dari Ardian Maulana (28), barista profesional yang mencampurkan kopi dengan kunyit.

Baca juga: Kisah Pemilik Kedai Kopi Aceh di Tengah Pandemi Covid-19

"Di tengah maraknya kopi dalgona saat wabah corona seperti ini, ngopi di rumah menjadi trend para coffee lover," jelas barista yang sudah berpengalaman 11 tahun di dunia kopi kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Sebagai Professional Instructor & International Coffee Business Consultant, Ardian mencoba membuat kreasi minuman kopi yang bukan sekadar mudah dibuat di rumah.

Ardian melanjutkan, ia juga ingin membuat kreasi yang memberi dampak positif untuk meningkatkan imun tubuh karena kandungan positifnya, salah satunya kunyit.

"Saya beri nama minuman ini Es Kopi Kuniya," ujarnya.

Baca juga: Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Pakai Alat Ini...

Es kopi kuniya adalah campuran kopi dengan kunyit. Untuk membuat Es Kopi Kuniya, kamu memerlukan beberapa bahan berikut :

  • Biji kopi arabica Medium Roast 10 gram
  • Susu segar 100 ml
  • Gula aren 20 gr
  • Madu 15 ml
  • Kunyit 5 gram
  • Air panas
  • Es Batu

Selain kunyit, kamu bisa menambahkan rempah atau herbal lain yang juga bermanfaat untuk tubuh. Untuk peralatannya kamu bisa menyiapakan wadah campur, penyaring, wadah saji.

Baca juga: Cara Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Pakai Alat Ini...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X