Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 12 Bandara di Indonesia yang Berlakukan Jam Operasional Baru

Kompas.com - 11/04/2020, 13:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Kahfi Dirga Cahya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPT Angkasa Pura II (Persero) memberlakukan penyesuaian jam operasional di 12 bandara untuk mengoptimalkan layanan, serta mendukung pencegahan menyebarnya virus corona (Covid-19).

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/4/2020), 12 bandara tersebut yakni Bandara Kertajati di Majalengka, Bandara Sultan Thaha di Jambi, dan Bandara Depati Amir di Pangkalpinang.

Kemudian Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh, Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, dan Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang.

Selanjutnya Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Bandara Radin Inten II di Lampung, Bandara Supadio di Pontianak, Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, dan Bandara Banyuwangi.

Baca juga: Erupsi Gunung Anak Krakatau, Operasional Bandara Radin Inten II Masih Normal

Di tengah pandemi virus corona, 12 bandara tersebut beroperasi dengan waktu lebih singkat dibandingkan dengan kondisi normal.

Kebijakan tersebut sudah mendapat persetujuan dari regulator dengan diterbitkannya Notice to Airmen (NOTAM) terkait jam operasional masing-masing bandara.

Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (7/3/2019).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (7/3/2019).
Penerbangan dalam kondisi khusus

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan, kendati jam operasional dipersingkat, namun 12 bandara tersebut tetap siaga mengantisipasi sejumlah penerbangan dalam kondisi khusus.

"PT Angkasa Pura II tetap siaga apabila ada pesawat yang mengalami kendala teknis dan operasional, dan membutuhkan bandara untuk mendarat," kata Awaluddin.

"Kami juga siaga jika ada penerbangan terkait medis dan penerbangan logistik, khususnya yang mengangkut sampel infection substance COVID-19," lanjutnya.

Baca juga: Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu Tidak Beroperasi Sampai 31 Mei 2020

12 bandara tersebut juga tetap dibuka jika ada pesawat yang terpaksa mendarat di luar jam operasional, entah karena keterlambatan keberangkatan di titik asal dan lainnya.

Awaluddin menuturkan, dipersingkatnya jam operasional dapat menjaga aspek kesehatan para pelancong dan personel bandara.

Menurutnya, hal paling utama di tengah wabah virus corona adalah kesehatan dan keselamatan para pelancong dan personel bandara.

"Kami sudah melakukan penyesuaian pola operasional dan penyesuian jam operasional sehingga memungkinkan diterapkannya konsep work from home dan physical distancing bagi personel operasional di bandara,” tutur Awaluddin.

Baca juga: Bandara Soetta Sediakan 270 Parking Stand untuk Tempat Parkir Pesawat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com