8 Makanan Paling Mahal di Dunia, Ada Kopi Indonesia Capai Rp 11 Juta Per Kilogram

Kompas.com - 11/04/2020, 16:08 WIB
Saffron di dalam botol kaca. PIXABAY/ULRIKE LEONESaffron di dalam botol kaca.


KOMPAS.com – Beberapa bahan makanan di bawah ini masuk dalam daftar makanan termahal di dunia. Beberapa bahan ini bahkan punya harga yang lebih mahal dari pada harga emas.

Dilansir dari BBC UK, saffron menempati peringkat teratas. Namun banyak juga bahan lain yang tak kalah mahalnya.

Baca juga: Saffron Dikenal Sebagai Rempah Termahal di Dunia, Ini alasannya...

Lantas, apa saja bahan makanan termahal di dunia? Apa yang membuat bahan-bahan tersebut punya harga yang sangat mahal?

Berikut ini daftar bahan makanan paling mahal di dunia menurut daftar dalam program Planet Earth. Berapa banyak yang sudah kamu coba?

Saffron

Jika nasi yang kamu makan punya warna kuning mengilap, kemungkinan besar nasi tersebut dimasak di wajan bekas mengolah saffron.

Rempah ini sering juga disebut ‘Red Gold’, adalah rempah alami yang berasal dari bunga saffron crocus.

Tiga kepala putik (stigma) pada tiap bunga itulah yang disebut saffron. Saffron digunakan sebagai pewarna dalam makanan.

Saffron berkualitas baik bisa berharga sekitar 5.000 dolar Amerika untuk 450 gram saffron atau setara Rp 80 juta (kurs April 2020).

Baca juga: Apa itu Saffron? Rempah Termahal di Dunia....

Mengapa saffron yang sederhana ini bisa punya harga sangat mahal? Alasannya sederhana, bunga saffron crocus hanya berbunga selama seminggu atau dua minggu dalam setahun di musim gugur.

Bunga saffron atau disebut saffron crocus sativus. PIXABAY/JOHAN PUISAIS Bunga saffron atau disebut saffron crocus sativus.

Selain itu, memanen rempah ini membutuhkan banyak tenaga. Saffron dipanen hanya menggunakan tangan. Setiap bunga kecil juga hanya memiliki tiga setigma.

Halaman:


Sumber bbc.co.uk
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X