Dampak Pandemi Corona, Turis Asing Tertahan di Mentawai

Kompas.com - 11/04/2020, 21:56 WIB
Ilustrasi salah satu pulau di Kepulauan Mentawai. SHUTTERSTOCK/AKSENOVDENIlustrasi salah satu pulau di Kepulauan Mentawai.

KOMPAS.com - Akibat dari pandemi corona ( Covid-19 ), sebanyak 45 turis asing tertahan di Mentawai, Sumatra Barat.

Baca juga: Mentawai, Salah Satu Suku Tertua di Dunia

“Pada awalnya mereka datang untuk berwisata, namun karena kondisi saat ini mereka tidak bisa keluar dari Mentawai,” kata Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, mengutip Antara.

Wisatawan mancanegara (wisman) tersebut ada yang berasal dari negara di Eropa, Amerika, dan Australia.

Menurut Yudas, para wisatawan yang tertabah tersebut akan tetap berada di Mentawai untuk sementara waktu.

Mengingat pandemi corona yang tengah melanda Indonesia dan negara asal wisatawan mancanegara tersebut juga sedang lockdown atau karantina.

Ilustrasi rumah tradisional khas Suku Mentawai di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai. SHUTTERSTOCK/GUDKOC ANDREY Ilustrasi rumah tradisional khas Suku Mentawai di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai.

Bupati mengatakan para turis tersebut kini tinggal di resor yang ada di kawasan Mentawai. Seluruh wisatawan dilayani oleh pemilik resor untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Silogui, Panah Beracun Buatan Suku Mentawai

“Terhadap mereka juga tetap diberlakukan physical distancing dan tidak dibolehkan kontak dengan masyarakat,” katanya.

Yudas mengatakan sehubungan dengan pemberian izin tinggal sementara terhadap wisman tersebut sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait seperti imigrasi, TNI, dan kepolisian.

Ilustrasi pantai di Kepualauan Mentawai. SHUTTERSTOCK/ROSANE VIOTTI Ilustrasi pantai di Kepualauan Mentawai.

Sementara itu, Mentawai saat ini telah memberlakukan pengetatan orang masuk sehingga tidak lagi menerima wisatawan asing yang ingin berlibur di daerah kepulauan tersebut.

Menurut data, saat ini di Mentawai orang yang melakukan perjalanan sekitar 500 orang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) 11 orang, sedangkan satu orang di antaranya naik menjadi PDP.

Baca juga: Cegah Corona, Pemkab Mentawai Tutup Akses Keluar Masuk Jalur Laut dan Udara

Untuk yang berstatus PDP masih belum bisa dikatakan positif ataupun negatif, karena masih menunggu hasil pemeriksaan swab.

“Tentunya kami berharap tidak ada warga yang positif Covid-19, dan Mentawai baik-baik saja,” katanya.

(Pewarta : Laila Syafarud | Editor : Ahmad Buchori)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X