Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pintar Bikin Dalgona Coffee, Lebih Hemat Alat

Kompas.com - 12/04/2020, 18:07 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalgona coffee, minuman viral yang namanya diambil dari permen toffee asal Korea Selatan telah mengambil alih TikTok dan Instagram dengan jadi fenomena baru.

Baca juga: Apa Itu Dalgona? Permen Tradisional ala Korea

Bahan-bahan untuk membuat dalgona coffee ini sangat mudah, hanya kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah yang setara.

Namun cara pembuatannya membutuhkan tenaga lebih untuk bisa membuatnya apalagi jika kamu tidak memiliki mixer.

Dilansir dari Business Insider, akun TikTok @melliemelanie menawarkan metode alternatif yang tidak hanya membuat proses membuat dalgona coffee jadi lebih mudah tapi juga menggunakan sedikit alat saja.

Campurkan semua bahan di dalam gelas tempat kamu akan meminum kopi tersebut. Kamu tidak perlu mengocok kopi di dalam mangkuk.

Lalu masukkan whisk dan gosokkan di antara telapan tanganmu sehingga larutan kopi tersebut tercampur rata.

Terus aduk kopi dengan cara seperti itu hingga larutannya mengental. Setelah mengental, tuangkan susu ke dalam gelas tersebut dan taruh es batu di dalamnya.

Walaupun metode ini tidak memberikan bentuk yang persis sama dengan dalgona coffee yang sering wara wiri di Instagram selama beberapa minggu belakangan, tapi tidak ada salahnya dicoba.

Ilustrasi dalgona coffee. UNSPLASH.com/MAYUR Ilustrasi dalgona coffee.

Tiga cara membuat dalgona coffee

Selain menggunakan metode di atas, ada juga tiga metode lain membuat dalgona kopi yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan mixer. Jika kamu memiliki mixer, kamu bisa membuat dalgona coffee menggunakan alat ini yang cukup menghemat tenaga dan waktu.

Mencoba membuat dalgona coffee di rumah.Kompas.com / Gabriella Wijaya Mencoba membuat dalgona coffee di rumah.

Caranya mudah, di dalam mangkuk campurkan semua bahan-bahan. Lalu aduk dengan mixer selama kurang lebih 3 menit sampai tekstur dalgona coffee foamy dan padat. Tekstur yang kamu cari adalah tekstur mirip whipped cream.

Baca juga: Pengalaman Bikin Dalgona Coffee, Bukan Aduk 400 Kali Tapi Ini Caranya...

2. Menggunakan whisk. Namun kamu masih menggunakan mangkuk untuk mengocok kopinya.

Campurkan ketiga bahan di dalam mangkuk. Lalu campurkan dan aduk menggunakan whisk hingga konsistensi larutan kopi mengental. Cara mengocoknya seperti mengocok telur dadar atau whipped cream.

Setelah konsistensi kopi sudah kental seperti busa, kamu bisa menatanya di dalam gelas yang sebelumnya sudah kamu isi dengan es batu dan susu cair.

Baca juga: Cara Membuat Dalgona Coffee, Kopi Viral di Tengah Pandemi Corona di Korea

3. Menggunakan saringan. Metode ini sangat sederhana karena memanfaatkan saringan kecil dan piring atau mangkuk ceper.

Campurkan bahan-bahan di dalam mangkuk ceper lalu aduk hingga rata. Kemudian aduk larutan tersebut dengan saringan terus menerus selama kurang lebih enam menit hingga larutan kopi mencapai konsistensi seperti whipped cream.

Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan pakai saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAH Membuat dalgona coffee tanpa mixer, melainkan pakai saringan sederhana, Selasa (7/4/2020).

Penggunaan mangkuk ceper ini ditujukan agar adukan merata dan saringan bisa mencapai bagian dasar piring. Kopi pun siap ditata dengan disajikan di atas es batu dan susu cair di dalam gelas.

Baca juga: Pengalaman Bikin Dalgona Coffee Tanpa Mixer, Pakai Saringan Sederhana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com