Resep Ayam KFC ala Netizen Twitter yang Berhasil Meniru Setelah 18 Bulan Mencoba

Kompas.com - 12/04/2020, 19:12 WIB
Ilustrasi ayam goreng. pixabay.com/Free-PhotosIlustrasi ayam goreng.

KOMPAS.com – Seorang pencinta ayam asal Warwickshire, Inggris, bernama Dan Fell telah menghabiskan waktu lebih dari setahun untuk menguji resep ala KFC.

Baca juga: Hindari Risiko Virus Corona, KFC Indonesia Terapkan Pay n Pick dan Mesin Self Service

Melansir The Sun, Senin (6/4/2020), Fell membagikan hasilnya saat mencoba resep dalam masa-masa physical distancing.

Fell membagikan resep rahasianya dalam sebuah unggahan video di Twitter yang kini telah disukai pengguna media sosial tersebut sebanyak 1.700 kali.

Bahan-bahan dalam resep tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • 5 cangkir tepung.
  • 5 sendok makan paprika.
  • 2 sendok makan lada putih.
  • 2 sendok ubuk bawang putih.
  • 1 sendok makan garam seledri.
  • 1 sendok makan lada hitam.
  • ½ sendok makan oregano.
  • ½ sendok makan timi.
  • 1/3 sendok makan garam laut.

Ilustrasi ayam goreng ala KFC. SHUTTERSTOCK/QUALITY STOCK ARTS Ilustrasi ayam goreng ala KFC.

Cara membuat ayam khas KFC

Pertama, gabungkan tepung dan seluruh bumbu secara bersamaan. Gunakan tiga bagian dalam campuran tersebut untuk satu bagian tepung (self-raising flour).

Selanjutnya, baluri ayam dengan kocokan telur (egg wash). baluri dengan bumbu. Goreng dalam minyak panas pada suhu 162,5 derajat celsius.

Goreng ayam tersebut selama 5 – 6 menit. Kemudian, panaskan oven pada suhu 80 derajat celsius. Masukkan ayam ke dalam oven. Lalu goreng kembali selama 90 detik.

Kendati resep tersebut terbilang sedikit rumit, tetapi banyak orang mencobanya sebab memiliki waktu luang akibat adanya lockdown karena virus corona.

Fell mengatakan bahwa rasa ayam tersebut dapat dipengaruhi oleh suhu ayam, jenis minyak yang digunakan, bahkan suhu egg wash.

Setelah menghabiskan waktu berbulan-bulan menyempurnakan resep tersebut, Fell menuturkan kalau resep tersebut memiliki bintang 4 dari 5 dalam skala “Kamu benar-benar tidak bisa membedakannya dengan resep KFC asli”.

Halaman:


Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X