Kompas.com - 13/04/2020, 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerai minuman Kopi Kenangan memberi 50.000 cangkir kopi gratis untuk para tenaga medis covid-19. Distribusi kopi diberikan ke rumah sakit yang menangani kasus Covid-19.

"Kopi Kenangan sadar bahwa pandemi COVID-19 'memaksa' kita untuk beradaptasi dengan melakukan berbagai perubahan sekaligus mengubah cara hidup sehari-hari," ujar CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (13/4/2020).

"Sesuai visi kami, ‘Dari Indonesia untuk Dunia,’ Kopi Kenangan ingin turut bekerja bersama masyarakat Indonesia dan menghadapi masa-masa menantang ini,” lanjut Edward.

Baca juga: Cerita Hotel Dalton Sediakan Tempat Istirahat Tenaga Medis Covid-19

Ia menyebutkan Kopi Kenangan berkomitmen untuk mendukung pihak yang terkena dampak covid019 dengan melakukan berbagai hal.

Salah satu koitmen adalah tidak melakukan PHK terhadap barista dan karyawan tetap Kopi Kenangan.

Para pimpinan Kopi Kenangan untuk memastikan keberlangsungan bisnis hanya mengambil gaji Rp 1 per bulan Maret 2020 sampai krisis berhasil diatasi.

Ilustrasi es kopi di Kopi Kenangan, (9/9/2019).SHUTTERSTOCK/BAGUSSATRIA Ilustrasi es kopi di Kopi Kenangan, (9/9/2019).

Kemudian Kopi Kenangan juga menyediakan total budget Rp15 miliar sepanjang tahun 2020 untuk membantu berbagai pihak yang terkena dampak penyebaran COVID-19.

Pembagiannya Rp 13 miliar digunakan untuk melindungi kesehatan dan keamanan pelanggan, barista serta produk Kopi Kenangan melalui pembelian mesin sterilisasi, hand sanitizer, alat pengecek temperatur dan sarung tangan serta masker non-medis.

Kemudian sisa Rp 2 miliar akan didonasikan langsung kepada beberapa partner yang bekerja bersama Kopi Kenangan dalam mengatasi dampak pandemi covid-19.

Baca juga: Pizza Hut Indonesia Beri Piza Gratis untuk Tenaga Medis Covid-19

Sejak 9 Maret 2020, Kopi Kenangan telah meluncurkan kampanye SENANG (Sehat Bersama Kenangan) untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pelanggan serta karyawan.

Implementasi dilakukan melalui beberapa tindakan seperti pemeriksaan suhu untuk karyawan dan mitra pengiriman, kebijakan untuk mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer, safety mask serta sarung tangan, juga secara periodik membersihkan area kerja dengan disinfektan.

Saat ini Kopi Kenangan juga tidak menyediakan tempat duduk di gerai, mendukung peraturan pemerintah untuk menjaga jarak fisik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.