Kompas.com - 14/04/2020, 08:20 WIB
Suasana sepi di kawasan wisata Monumen Nasional, Jakarta, Senin (16/3/2020). Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup 24 tempat wisata di Jakarta mulai Sabtu (14/3/2020) hingga dua pekan ke depan sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona (Covid-19). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSuasana sepi di kawasan wisata Monumen Nasional, Jakarta, Senin (16/3/2020). Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup 24 tempat wisata di Jakarta mulai Sabtu (14/3/2020) hingga dua pekan ke depan sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona (Covid-19).


JAKARTA, KOMPAS.com - Virus corona membuat orang terpaksa berdiam diri dan beraktivitas sementara di rumah. Bagi kamu yang suka traveling, kondisi ini bisa sedikit membosankan.

Namun, jangan khawatir. Sebab, kamu masih bisa traveling dengan cara virtual. Belakangan virtual traveling atau tur virtual tengah ramai dibicarakan publik.

Salah satu virtual traveling yang bisa kamu ikuti yakni tur virtual bersama Jakarta Good Guide (JGG). Tur virtual ini sengaja dibuat untuk kamu yang ingin berjalan-jalan, namun harus berada di dalam rumah.

Baca juga: Keliling Rumah Angker Winchester Lewat Tur Virtual, Berani?

Pendiri JGG, Candha Adwitiyo mengatakan, tur virtual ini berawal dari netizen yang mengusulkan pembuatan tur meski hanya di rumah.

"Jadi biasanya kami itu Walking Tour yang kita kerjain reguler, tapi saat ini karena enggak bisa keluar rumah lalu kita adakan pakai virtual," kata Candha saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/4/2020).

"Ini gara-gara kita nge-twit 'kangen nge-guide' habis itu ada peserta yang ngasih ide bikin aja virtual tur. Lalu jadilah kita ulik dan kita bikin," lanjutnya.

Adapun konsep dari tur virtual ini adalah peserta diajak berkeliling tempat-tempat di Jakarta yang unik dan bersejarah tanpa keluar rumah.

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi meeting online, Zoom.

"Jadi pakai aplikasi Zoom terus habis itu buka Google Maps. Kita ajakin jalan via Google Maps dan Google Earth gitu modelnya. Lalu kita kasih foto-foto sambil kita pandu," jelas Candha.

Baca juga: Di Rumah Aja? Jajal Keliling Istana Eropa Lewat Virtual Traveling

Tur virtual ini pertama kali dicoba pada Sabtu (4/4/2020) dengan memakai rute jalan-jalan ke daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Hari kedua uji coba berlanjut dengan jalan-jalan rute Cikini pada keesokan harinya, Minggu (5/4/2020).

Peserta hanya perlu menyiapkan ponsel pintar atau laptop, dan tentunya kedua alat tersebut harus sudah terunduh aplikasi Zoom.

Jika belum, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut terlebih dulu.

Baca juga: Pilih di Rumah Aja? Coba Virtual Traveling di 3 Museum Dunia Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X