Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2020, 12:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Saus marinara dan saus tomat memang sama-sama terbuat dari tomat. Namun sebenarnya, kedua saus tersebut punya beberapa perbedaan.

Dilansir dari Reader’s Digest, banyak orang yang sudah familiar dengan rasa saus tomat Italia. Biasanya, saus tersebut dicampur dengan pasta untuk beberapa varian makan malam yang sederhana.

Ada juga yang direbus bersama telur untuk membuat sajian shashuka atau dituangkan di atas adonan pizza.

Baca juga: Cara Membuat Pizza Kreasi Sendiri

Kamu mungkin sering melihat nama saus tomat dan saus marinara tertempel di kaleng atau wadah saus di supermarket. Kamu juga mungkin pernah melihat saus khusus spageti atau saus pizza.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah saus tersebut memiliki perbedaan khusus walaupun sama-sama berbahan dasar tomat?

Ternyata, bukan hanya ada perbedaan saja tapi saus-saus tersebut juga hanya cocok untuk diolah jadi sajian tertentu saja dengan penggunaan yang berbeda.

Ilustrasi pizza marinaraDok. Shutterstock Ilustrasi pizza marinara

Apa itu marinara?

Jika kamu mencari saus sederhana yang tidak terlalu tebal dan terasa seperti tomat, maka marinara jadi pilihan tepat.

Dibandingkan dengan saus tomat, marinara dibuat dengan waktu yang cukup cepat, cukup dididihkan dengan api kecil selama sekitar satu jam maka saus marinara pun sudah siap disajikan.

Salah satu versi marinara yang paling klasik menggunakan tomat San Marzano. Namun jika tidak ada dan kamu menggunakan tomat jenis apa pun juga bisa.

Saus marinara dibumbui dengan banyak bawang putih, paprika merah yang dihancurkan, juga daun basil. Ada juga beberapa versi lainnya yang menggunakan oregano.

Cara membuat saus marinara

Menurut Head Chef Liberta Restaurant, Chef Wahyudi Kisworo menjelaskan bahwa perbedaan utama antara saus marinara dan saus tomat terletak dari cara memasak dan bahan-bahan yang digunakan.

“Marinara adalah saus cepat yang biasanya terdiri dari minyak zaitun, bawang putih, tomat Italia yang sudah dikupas (Italian tomato plum caned), dan ditambahkan herba biasanya pakai oregano atau basil,” jelas Chef Wahyudi pada Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Untuk proses pembuatannnya juga tidak lama. Setelah bawang putih ditumis menggunakan minyak zaitun. Setelahnya ditambahkan daun basil segar yang sudah diiris kasar dan sedikit bubuk cabai.

Kemudian biarkan saus marinara mendidih dengan api kecil perlahan dan airnya semakin menyusut.

Penggunaan saus marinara

Saus marinara tidak punya rasa yang terlalu kompleks, maka saus ini cocok untuk pasta dan pizza.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com