Kenapa Orang Hong Kong Sering Pakai Masker? Ternyata Sejak Kejadian Ini...

Kompas.com - 15/04/2020, 15:15 WIB
Penggunaan masker pada jam makan siang di Hong Kong. Penggunaan masker pada jam makan siang di Hong Kong.Penggunaan masker pada jam makan siang di Hong Kong.

KOMPAS.com – Kendati sulit dipercaya, tetapi terdapat satu waktu di mana tidak ada seorang pun di Hong Kong yang mengenakan masker di tempat umum.

Kecuali kamu seseorang yang cukup tidak beruntung dan menemukan dirimu di rumah sakit, masker hanyalah bahan guyonan semata.

Baca juga: Orang Jepang, China, dan Korea Sering Pakai Masker, Ternyata Ini Alasannya...

Mengutip South China Morning Post, Minggu (22/3/2020), enam minggu setelah kejadian World Trade Centre pada September 2001, Central’s Pottinger Street menjual topeng karet berwajah Osama bin Laden untuk Halloween.

18 bulan setelah itu saat perang di Irak segera dimulai, seorang pekerja televisi di Kuwait bernama Raymond Wong mengenakan gas mask untuk memberi laporan seputar senjata kimia.

Hal itu terjadi pada minggu kedua Maret 2003. Para tenaga medis di Prince of Wales Hospital di Sha Tin terlanjut jatuh sakit secara misterius.

Dua warga Hong Kong mengenakan masker di Tsim Sha Tsui.SCMP / Sun Yeung Dua warga Hong Kong mengenakan masker di Tsim Sha Tsui.

Segera setelah itu, terjadi sindrom pernapasan akut berat (SARS) yang diungkap sebagai senjata biologis yang nyata.

Dalam tiga bulan setelah muncul, SARS akan membunuh 299 orang di Hong Kong, dan 274 orang di seluruh dunia.

Walaupun virus corona ( Covid-19 ) kini mendominasi secara global, namun Hong Kong SARS merupakan pengalaman yang lebih mematikan.

Dalam keputusasaan, kota berubah menjadi lautan masker. Dahulu, sama seperti sekarang, Hong Kong kekurangan pasokan masker.

Sama seperti sekarang, dahulu mereka juga tidak memiliki bukti kuat bahwa mereka memberikan perlindungan penuh.

Pasangan di Hong Kong tengah duduk berdampingan di luar Hong Kong Cultural Centre.SCMP / Sun Yeung Pasangan di Hong Kong tengah duduk berdampingan di luar Hong Kong Cultural Centre.

Halaman:


Sumber SCMP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X