Emirates Jadi Maskapai Pertama di Dunia yang Jalani Rapid Test Covid-19 ke Penumpang Sebelum Naik Pesawat

Kompas.com - 16/04/2020, 12:39 WIB
penumpang maskapai penerbangan Emirates melakukan tes cepat corona. Emirates menjadi maskapai penerbangan pertama yang melakukan tes Covid-19 dengan cepat untuk para penumpang sebelum berangkat. Dok. Emirates penumpang maskapai penerbangan Emirates melakukan tes cepat corona. Emirates menjadi maskapai penerbangan pertama yang melakukan tes Covid-19 dengan cepat untuk para penumpang sebelum berangkat.

JAKARTA,KOMPAS.com - Emirates menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang melakukan rapid test Covid-19 cepat untuk para penumpang.

Dilansir dari situs resmi Emirates, maskapai penerbangan tersebut berkoordinasi dengan Otoritas Kesehatan Dubai (DHA) dalam rangka memperkenalkan tindakan pencegahan tambahan.

Baca juga: Besok Emirates Buka Penerbangan Terbatas, WNI di Dubai Bisa Kembali ke Indonesia

Semua penumpang penerbangan rute Dubai-Tunisia pada Rabu (15/4/2020) telah menjalani rapid test Covid-19 sebelum keberangkatan.

Tes darah cepat dilakukan oleh Otoritas Kesehatan Dubai (DHA) dan hasilnya terlihat dalam 10 menit. Tes ini dilakukan di area Group check-in Terminal 3 Bandara Internasional Dubai.

“Proses pengujian telah berjalan dengan lancar dan kami ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Otoritas Kesehatan Dubai atas inisiatif dan solusi inovatif mereka,” jelas Adel Al Redha, Chief Operating Officer Emirates, Rabu (15/4/2020) dikutip dari situs resmi Emirates.

Adel Al Redha juga menyampaikan jika kebijakan ini tidak akan tercapai jika tanpa dukungan dari Bandara Internasional Dubai dan otoritas pemerintah lainnya.

“Ini akan memungkinkan kami untuk melakukan tes di tempat dan memberikan konfirmasi langsung untuk penumpang Emirates yang bepergian ke negara-negara yang memerlukan sertifikat uji COVID-19,” ujar Adel Al Redha.

Penumpang maskapai penerbangan Emirates melakukan rapid test Covid-19 Rabu (15/4/2020) rute penerbangan Dubai-Tunisia.Dok. Emirates Penumpang maskapai penerbangan Emirates melakukan rapid test Covid-19 Rabu (15/4/2020) rute penerbangan Dubai-Tunisia.

HE Humaid Al Qutami, Direktur Jenderal Otoritas Kesehatan Dubai (DHA), mengatakan jika pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Emirates dalam melakukan rapid test Covid-19 di bandara untuk para pelancong yang berangkat.

“Untuk mengatasi COVID-19, kami telah secara proaktif bekerja dengan berbagai instansi pemerintah dan sektor kesehatan swasta dan kami telah menerapkan semua langkah yang diperlukan mulai dari perlindungan kesehatan masyarakat hingga penyediaan layanan kesehatan berkualitas tinggi sesuai dengan pedoman internasional terbaru,” jelasnya.

Baca juga: Maskapai Emirates Bagikan Resep Inflight Menu, Bisa Coba di Rumah

Kebijakan Emirates di tengah pandemi corona

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X