Paspor Jepang Terkuat di Dunia Edisi Tahun 2020

Kompas.com - 16/04/2020, 13:03 WIB
Paspor Jepang. ThinkstockPaspor Jepang.

KOMPAS.com - Henley & Partners kembali merilis peringkat paspor terkuat di dunia edisi tahun 2020 situs web Henley Passport Index.

Daftar paspor terkuat tersebut berdasarkan 199 negara atau wilayah yang punya bebas visa atau visa on arrival terbanyak.

Dilansir dari Nippon, Jepang kembali menduduki peringkat teratas sebagai paspor terkuat di dunia.

Baca juga: Paspor Terkuat dan Terlemah di Dunia pada 2020 adalah...

Untuk tiga tahun berturut-turut, Jepang berada di peringkat teratas dalam urutan paspor dari Henley Passport Index.

Pemegang paspor Jepang memiliki bebas visa atau visa on arrival (visa pada kedatangan) ke 191 negara lain.

Baca juga: Paspor Jepang Terkuat di Dunia Terpaksa Nganggur karena Corona

Karyawan-karyawan berpakaian tradisional Jepang di Noboribetsu Date Jidaimura, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Selasa (12/2/2019). Noboribetsu Date Jidaimura adalah sebuah area perkampungan yang dibuat mirip dan serupa seperti zaman Edo. Di sana terdapat permainan tradisional, aktivitas, teater serta street performance yang siap menghibur para wisatawan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Karyawan-karyawan berpakaian tradisional Jepang di Noboribetsu Date Jidaimura, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Selasa (12/2/2019). Noboribetsu Date Jidaimura adalah sebuah area perkampungan yang dibuat mirip dan serupa seperti zaman Edo. Di sana terdapat permainan tradisional, aktivitas, teater serta street performance yang siap menghibur para wisatawan.

Masyarakat Jepang yang stabil dan tingkat kejahatan yang rendah menyakinkan bahwa warga Jepang yang berkunjung ke negara lain dianggap sangat tidak mungkin untuk melakukan sejumlah pelanggaran.

Pelanggaran yang dimaksud ialah tinggal lebih lama hingga visanya kadaluarsa, bekerja secara ilegal, atau mengajukan permohonan status pengungsi.

Pada akhir 2018, ada hampir 30 juta paspor Jepang yang valid, atau satu banding empat seluruh warga negara Jepang, sehingga banyak yang memilih tidak menggunakannya sama sekali.

Pemegang paspor Jepang memiliki keuntungan untuk mengunjungi 191 negara dengan bebas visa.

Wisatawan berfoto di obyek wisata Noboribetsu Jikogudani, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Jepang, Selasa (12/2/2019). Noboribesu Jikogudani merupakan sebuah kaldera vulkanis yang terbentuk akibat erupsi Gunung Hiyoriyama.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berfoto di obyek wisata Noboribetsu Jikogudani, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Jepang, Selasa (12/2/2019). Noboribesu Jikogudani merupakan sebuah kaldera vulkanis yang terbentuk akibat erupsi Gunung Hiyoriyama.

 Setelah Jepang, peringkat kedua diduduki oleh Singapura, sementara Korea Selatan (Korsel) turun ke peringkat ketiga bersama Jerman.

Baca juga: Efek Wabah Corona, Kekuatan Semua Paspor di Dunia Dianggap Setara

Halaman:


Sumber nippon.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X