Kompas.com - 16/04/2020, 17:47 WIB
Ilustrasi daging Kobe grade A5, jenis wagyu. SHUTTERSTOCK/NORINORI303Ilustrasi daging Kobe grade A5, jenis wagyu.

KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling membedakan wagyu dari daging lain adalah marbling.

Baca juga: Apa Itu Wagyu? Sejarah Daging Mahal Khas Jepang dan Bagaimana Sapi Dipelihara

Marbling adalah istilah untuk pola khusus dan halus dari jaringan lemak pada serabut otot (intramuscular cell fats) pada daging yang memang dicari oleh para produsen daging Jepang.

Dilansir dari The Spruce Eats, hal itu disebut marbling karena guratan lemak tersebut mirip dengan pola pada marmer.

Marbling ini pada dasarnya merupakan lemak, jadi bentuknya dipengaruhi oleh makanan apa yang dikonsumsi sapi selama hidup.

Sapi yang dibesarkan dengan memakan biji-bijian akan memiliki lebih banyak marbling dari pada sapi yang diberi makan rumput.

Pasalnya, memang sulit untuk mendapatkan lemak jika sapi hanya memakan rumput, berbeda dengan biji-bijian.

Wagyu yang khas dengan tekstur marmer siap diolah di pelat besi teppan bersama dengan irisan bawang putih di restoran Teppanyaki Misono, Ginza, Tokyo, Jepang.
Kompas.com/Wisnu Nugroho Wagyu yang khas dengan tekstur marmer siap diolah di pelat besi teppan bersama dengan irisan bawang putih di restoran Teppanyaki Misono, Ginza, Tokyo, Jepang.

Marbling yang terdapat pada daging ini berbeda dengan lapisan lemak di bagian luar daging yang bisa dibuang begitu saja.

Marbling juga bukan lemak yang terdapat di antara dua otot yang berbeda. Marbling adalah flek lemak yang ada di bagian dalam daging.

Dilansir dari Savor Japan, marbling yang terdapat dalam daging akan membantu memberikan rasa di seluruh bagian daging.

Ketika dimasak dengan baik, lemak ini akan meleleh dan menciptakan tekstur yang halus, lembut, dan lengas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X