Ini Rahasia Bikin Kopi Susu Kekinian ala Kafe, Bisa Dibuat di Rumah

Kompas.com - 17/04/2020, 14:37 WIB
Ilustrasi es kopi susu. Dok. HandgroundIlustrasi es kopi susu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pamor es kopi susu sedang naik daun dan digandrungi oleh anak muda. Racikan kopi kekinian ini ramai dikonsumsi oleh muda-mudi saat sedang nongkrong atau kongkow di kafe.

Baca juga: Resep Es Kopi Susu Gula Aren Kekinian, Mudah Dibuat di Rumah

Dengan kopi dan susu, kamu pun bisa membuat es kopi susu kekinian seperti yang dijual di kedai kopi.

Azmi Badres, pemilik MalbourneCoffeeCo di Malang, membagikan tips untuk membuat kopi kekinian seperti di kafe-kafe.

Bikin konsentrat kopi

“Jadi step awal kita harus menyiapkan biang atau konsentrat kopinnya untuk ini bisa paling baik memakai espresso,” jelas Azmi kepada Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Namun jika kamu tidak memiliki mesin kopi, kamu bisa memesan espresso di kafe terdekat. Untuk alternatif lainnya, kamu bisa membuat membuat konsentrat kopi memakai kopi instan.

Seduh kopi instan dengan konsistensi pekat dan pahit. Takarannya kurang lebih satu sendok teh kopi instan diseduh dengan seperempat 4 gelas air panas.

Ilustrasi es kopi susu. Dok. Shutterstock/Cy Creative Studio Ilustrasi es kopi susu.

Campur susu

Setelah itu, campur konsentrat kopi dengan susu. Susu yang digunakan bisa fresh milk atau susu UHT.

“Level kepahitannya tergantung selera masing-masing. Kalau saya sih biasannya memakai 120 ml susu dan 20-30ml konsentrat kopi,” jelasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X